Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 28 Feb 2020 15:55 WIB

Mengintip Rencana Holding Asuransi Selamatkan Jiwasraya

Danang Sugianto - detikFinance
Kantor Pusat Jiwasraya Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Untuk mencegah terulangnya kasus yang menimpa PT Asuransi Jiwasraya, Menteri BUMN Erick Thohir akan membentuk holding BUMN asuransi. Tujuannya agar BUMN asuransi lainnya tak lagi berinvestasi asal-asalan seperti yang dilakukan Jiwasraya.

Sumber kami menerangkan, holding BUMN asuransi ini akan dibentuk dengan menunjuk Bahana menjadi holdingnya. Sementara anggotanya berisi Askrindo Insurance, Jasa Raharja, Jamkrindo dan Asuransi Jasindo.

Holding ini akan mendorong sinergi para anggotanya. Selain itu juga memberikan arahan dan fokus bisnis masing-masing anggota holding.

Dari sisi manajemen keuangan, holding ini akan menerapkan disiplin keuangan, baik untuk anggotanya maupun holdingnya sendiri. Permodalan yang optimal juga menjadi fokus holding ini.

Holding juga akan membentuk tim khusus untuk risk management & compliance. Para anggotanya didorong untuk menerapkan manajemen risiko dan prinsip kehati-hatian yang best-practice.

Secara operasional, holding BUMN asuransi mendorong peningkatan efisiensi dan efektivitas pada suprastruktur dan sistem infrastruktur bisnis asuransi. Kualitas SDM juga akan ditingkatkan, serta prosedur pelayanan.

Inisiasi pembentukan holding juga bertujuan melakukan penyehatan terhadap anak usaha, termasuk restrukturisasi. Diharapkan juga mampu memperbesar neraca keuangan anggota holding.



Simak Video "Bahana Jadi Induk Holding Asuransi Akhir Februari"
[Gambas:Video 20detik]
(das/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com