Sudah Maret, Kapan Dana Nasabah Jiwasraya Mulai Dibayar?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 02 Mar 2020 23:25 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya
Nasabah Jiwasraya/Foto: Hendra Kusuma
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir berjanji akan memberi kejelasan pada pelunasan dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Maret ini. Lalu, kapan duit nasabah Jiwasraya dibayarkan?

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema penyehatan Jiwasraya berikut pembayaran duit nasabah. Namun, dia mengatakan, untuk merealisasikan itu semua butuh persetujuan panitia kerja (Panja) DPR.

"Jiwasraya kita sudah siapkan skema, duitnya, tapi kita harus menunggu keputusan Panja. Skema siap, duit siap," katanya di Kementerian BUMN Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Dia mengatakan, skema penyehatan Jiwasraya masih didiskusikan dengan DPR. Namun, ia masih enggan membeberkan skema yang dimaksud.


"Pembayarannya mereka setuju dibayar, tapi kan skemanya, kalau skemanya nggak sesuai kita bayar, di luar skema kan nggak boleh," jelasnya.

Holding asuransi merupakan bagian dari penyehatan Jiwasraya. Namun, untuk holding tak harus menunggu persetujuan DPR.

Arya bilang, holding yang bakal dibentuk dalam waktu dekat ini sejak awal direncanakan untuk mengontrol investasi BUMN.

"Memang sejak awal kita lihat sub holding asuransi memang dibutuhkan, kenapa, karena di asuransi banyak investasi-investasi dan salah satu membuat jatuhnya Jiwasraya di investasi, makanya kita bikin sub holding untuk mengontrol investasi," paparnya.

Sebelumnya, Erick Thohir buka suara soal rencana membayar dana nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Erick menegaskan pemerintah berusaha agar bulan depan alias Maret nanti ada solusi untuk membayar dana nasabah Jiwasraya.


Pelunasan dana nasabah merupakan komitmen utama sejak persoalan gagal bayar polis oleh Jiwasraya mencuat.

"Bahwa Jiwasraya itu kan isu yang sudah terjadi. Justru kita sekarang ingin memastikan nasabah terbayar. Seakan-akan saya yang mengambil terus ganti. Tapi kan itu proses yang melenceng, sudah ada tindak pidananya justru kita sekarang punya komitmen membayar nasabah itu. Ya mudah-mudahan Maret, Maret ini ada jalan," ujar Erick usai acara Mata Najwa bertajuk 'Kita Bisa Apa', di Ciputra Artpreneur, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu malam (19/2/2020).



Simak Video "Kejagung Buka Suara Soal Fee Broker Jiwasraya"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/hns)