Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Mar 2020 10:29 WIB

The Fed Pangkas Suku Bunga Jadi 0%

Aulia Damayanti - detikFinance
Jerome Powell Gubernur The Fed Jerome Powell/Foto: Dok. Reuters
Jakarta -

The Federal Reserve memangkas suku bunga menjadi 0% pada pertemuan yang hadiri oleh Dewan Gubernur pada, Minggu (15/3/2020). Tindakan darurat terbaru ini menunjukkan The Fed bahwa perekonomian Amerika Serikat (AS) semakin digerogoti akibat wabah corona.

Pemotongan suku bunga yang lebih cepat ini dilakukan untuk mencegah gangguan pasar keuangan yang menurun selama krisis keuangan global akibat corona.
Pasar saham AS juga anjlok sejak pekan lalu karena kekhawatiran investor dengan ekonomi global yang bisa tersandung ke dalam resesi yang curam karena orang mengkarantina diri di rumah.

Mengutip CNN, Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan, investor semakin khawatir akan aktivitas mereka di luar rumah. Hal ini menyebabkan ekonomi AS akan menderita, meskipun Jerome tidak ingin memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

"Pengaruh wabah corona sangat signifikan pada aktivitas ekonomi AS dalam waktu dekat. Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di depan. Semua kemungkinan tergantung sejauh mana penyebaran wabah corona di dunia," kata Jerome, Senin (16/3/2020).

Kepala Analisis Pasar Avatrade, Nadeem Aslam, mengatakan The Fed mengambil langkah untuk memangkas suku bunga untuk menopang ekonomi dan pasar keuangan. Selain pemotongan suku bunga, The Fed juga akan membeli surat utang senilai US$ 700 miliar.

Ini juga mencapai kesepakatan dengan lima bank sentral asing lainnya, Bank of Canada, Bank of England, Bank of Japan, Bank Sentral Eropa dan Bank Nasional Swiss, untuk menurunkan nilai tukar mata uang mereka untuk menjaga pasar keuangan tetap berfungsi.

"Dunia sedang menghadapi situasi pandemi dan untuk waktu yang luar biasa ini, kita perlu tindakan luar biasa. The Fed memangkas suku bunga menjadi nol dan memulai kembali paket pelonggaran kuantitatif," jelas Nadeem.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com