Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Mar 2020 19:00 WIB

Pengusaha Katering Minta Pemerintah Jamin Kelonggaran Cicilan Bank

Trio Hamdani - detikFinance
Dampak Corona ke Ekonomi Foto: Dampak Corona ke Ekonomi (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Bisnis katering merupakan salah satu sektor usaha yang kena imbas virus Corona (Covid-19). Omzet mereka anjlok dan sebagian merumahkan karyawannya. Untuk meminimalisir dampak tersebut, mereka meminta pemerintah menjamin bahwa cicilan kredit di perbankan benar-benar diberi kelonggaran.

Dewan Penasihat Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Diana Dewi pemerintah perlu memastikan bank-bank swasta untuk ikut memberi kelonggaran cicilan.

"Mereka kan tidak semuanya menjadi nasabahnya bank pemerintah (BUMN). Mereka juga nasabahnya bank swasta. Ini juga harus ada intervensi dari pemerintah," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (29/3/2020).

Dia menjelaskan pelaku usaha membutuhkan stimulus keringanan pembahat cicilan kredit di bank. Untuk bank BUMN menurutnya bisa mematuhi hal tersebut. Jadi yang perlu diperhatikan kemudian adalah bank swasta.

"Ya kalau ke pemerintah berharap teman-teman ini kan UMKM kemudian stimulus yang diberikan oleh pemerintah itu kan bank-bank pemerintah yang sudah memberikan," ujarnya.

Dirinya yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta mengatakan, Kadin akan mengakomodir pelaku usaha, termasuk katering yang kesulitan saat berurusan dengan perbankan.

Nantinya keluhan para pelaku usaha akan disampaikan kepada pemerintah. Harapannya pemerintah bisa menindaklanjutinya.

"Sekarang kan yang berdampak pengusaha-pengusaha nih. Pengusaha punya kewajiban ke bank. Tapi kalau banknya tidak memberikan kelonggaran berarti kan yang berdampak cuma teman-teman pengusaha doang, banknya nggak," tambah dia.



Simak Video "Kenali Gejala Harian Virus Corona hingga Proses Penularan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com