Bayar Zakat Tak Terhalang Physical Distancing, Ini Solusinya

Inkana Putri - detikFinance
Senin, 30 Mar 2020 18:56 WIB
Ilustrasi Donasi Online
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Berzakat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam. Ibadah yang menjadi salah satu dari rukun Islam ini menuntut seseorang untuk beramal menyisihkan sebagian rezeki sebagai pembersih harta yang biasanya disalurkan lewat masjid, panti asuhan, atau lembaga lainnya.

Meski begitu, seiring dengan anjuran pemerintah untuk menerapkan physical distancing guna memutus rantai penyebaran Covid-19, membuat orang yang ingin menunaikan zakat langsung kepada orang yang berhak menjadi terkendala. Beruntungnya, seiring berkembangnya zaman, saat ini donasi atau zakat bisa dilakukan secara online.

Zakat online memang menjadi hal yang populer saat ini. Selain mudah, terdapat banyak manfaat yang bisa didapat dari zakat online, termasuk mobile donating seperti dilansir dari DailyBulettin.

Lebih Nyaman

Di tengah kesibukan, mobile donating bisa menjadi cara donasi yang lebih nyaman. Donasi online tidak membutuhkan prosedur yang lama dan ribet. Bahkan, aktivitas ini bisa dilakukan kapan pun tanpa mengganggu jadwal sibuk.

Mudah Digunakan

Seperti diketahui, hampir semua kegiatan dilakukan melalui transaksi online mulai dari bayar tagihan, menyelesaikan tugas, hingga belanja. Melalui mobile donating, kegiatan donasi tentu akan lebih cepat dan mudah tanpa harus datang langsung ke tempat, atau mengisi data diri.

Lebih Aman

Mobile donating biasanya diselenggarakan oleh organisasi yang terpercaya. Selain itu, dengan mobile donating, tidak ada uang tunai yang terlibat dalam transaksi. Sehingga pengguna tidak perlu takut uang hilang atau dicuri.

Terkait anjuran pemerintah untuk tetap beraktivitas dari rumah, mobile donating bisa dimanfaatkan di tengah pandemik corona ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu melalui layanan ZIS dan Qurban

Di BNI Mobile Banking

Salah seorang Apoteker, Retno Pujiati mengaku sangat terbantu dengan layanan ZIS pada aplikasi BNI Mobile Banking ini. Melalui layanan ini, ia bisa tetap bayar zakat dan tetap melaksanakan anjuran pemerintah untuk isolasi di rumah.

"Biasanya tiap akhir bulan saya kasih sedikit rezeki ke panti asuhan atau nggak masjid dekat rumah. Cuma karena dari pemerintah ada anjuran buat physical distancing selama Corona, jadi sekarang zakat via online lewat BNI Mobile Banking," ujarnya, Sabtu (28/3/2020).

Bersama dengan lembaga dan yayasan, pembayaran Zakat, Infaq, dan Sedekah ini disalurkan ke BAZNAS, Rumah Zakat Indonesia, Dompet Dhuafa, dan beberapa lembaga lainnya. Untuk membayar zakat, ia biasanya menyalurkannya ke Dompet Dhuafa.

"Karena biasanya nyumbang ke panti asuhan yang dikelola Dompet Dhuafa, jadinya pas pakai layanan ZIS di BNI Mobile Banking juga pilih Dompet Dhuafa. Jadi, kita tetap bisa berbuat baik walau sedang pandemi. Kita doakan saja supaya ini cepat berlalu," jelasnya.

Selain Zakat, Infaq, dan Sedekah, BNI Mobile Banking juga menghadirkan layanan lainnya seperti pembayaran wakaf dan qurban. Tak heran mengapa jika aplikasi BNI Mobile Banking banyak digunakan oleh masyarakat.

Terlihat dari grafik tahunan, jumlah pengguna BNI Mobile Banking semakin meningkat setiap tahunnya. Hingga 2019, pengguna BNI Mobile Banking mencapai 4,88 juta. Angka ini tumbuh 68,6% secara tahunan. #transaksidarirumah #bnimobilebanking #BNIItuDigital



Simak Video "Berbagi Optimisme di Tengah Pandemi dengan Gerakan #AntarkanSemangat"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/hns)