Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Apr 2020 12:09 WIB

Biaya Kirim Uang Pakai Kliring Hari Ini Turun Jadi Rp 2.900

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Uang Rupiah Baru Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Untuk memperkuat kebijakan sistem pembayaran dan mendukung migitasi penyebaran Covid 19. Bank Indonesia (BI) mendorong pembayaran non tunai dengan menurunkan biaya sistem kliring nasional BI (SKNBI).

Dalam siaran pers, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menjelaskan untuk biaya kliring dari bank ke BI yang semula Rp 600 menjadi Rp 1.

"Kemudian dari nasabah ke bank menjadi Rp 2.900 dari semula Rp 3.500. Berlaku efektif sejak 1 April 2020 sampai 31 Desember 2020," kata Onny dalam siaran pers, dikutip Rabu (1/4/2020).

Dia menjelaskan BI juga berupaya mendukung penyaluran dana non tunai program-program pemerintah seperti program bantuan sosial, program keluarga harapan dan BPNT, kartu pra kerja dan program kartu Indonesia Pintar-Kuliah.

Berbagai langkah kebijakan Bank Indonesia tersebut ditempuh dalam koordinasi yang sangat erat dengan Pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memitigasi dampak COVID-19 sehingga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan tetap terjaga, serta momentum pertumbuhan ekonomi dapat dipertahankan.


Sebagaimana diketahui, Pemerintah telah menempuh sejumlah stimulus fiskal dan stimulus ekonomi untuk meringankan beban masyarakat dan perusahaan dari dampak COVID-19 serta menjaga tetap kondusifnya berbagai aktivitas perekonomian.

OJK juga telah menempuh langkah-langkah untuk menjaga kesehatan perbankan dan lembaga keuangan non-bank, serta bekerjanya pasar modal.

Kami akan terus memperkuat koordinasi dengan memonitor secara cermat dinamika penyebaran COVID-19 dan dampaknya terhadap Indonesia dari waktu ke waktu, serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh baik oleh Pemerintah, Bank Indonesia, maupun OJK untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta mempertahankan momentum pertumbuhan ekonomi.



Simak Video "Kayu Putih Hidupkan Desa Wonoharjo"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com