Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Apr 2020 18:04 WIB

Ambil Uang Pensiun Bisa Lewat ATM Bank BUMN

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Ilustrasi Uang Rupiah Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Bank BUMN menyediakan kemudahan untuk penarikan uang pensiun. Untuk pengambilan uang pensiun bulan April 2020, para nasabah pensiunan tidak perlu lagi datang ke bank.

Bank BTN telah berkoordinasi dengan PT Taspen untuk memudahkan pembayaran pensiunan Taspen bulan April 2020 dimana seluruh uang pensiun langsung masuk ke rekening penerima pensiun tanpa ada blokir.

"Para peserta pensiunan juga tidak wajib melakukan otentikasi sehingga bagi mereka yang memiliki kartu ATM bisa langsung menarik dananya di ATM BTN atau ATM berlogo LINK dimana saja di seluruh Indonesia," kata Corporate Secretary Bank BTN, Ari Kurniaman.

Sebagai informasi, biasanya penarikan dana pensiun banyak dilakukan di outlet bank secara langsung karena mewajibkan otentifikasi data nasabah, namun pada bulan April Bank BTN dan PT Taspen turut mematuhi himbauan Pemerintah untuk melakukan physical distancing atau jaga jarak dan mengurangi terjadinya kerumunan di satu lokasi.

"Langkah ini justru sangat memudahkan nasabah dan prosesnya lebih cepat karena para nasabah penerima dana pensiun tidak perlu keluar rumah, naik transportasi umum menuju ke outlet, cukup di rumah saja, atau datang ke ATM BTN atau ATM berlogo LINK terdekat, dana pensiun sudah langsung masuk ke rekening dan bisa diambil dengan mudah," kata Ari.

Sementara yang belum memiliki kartu debit atau ATM BTN, dapat melakukan penarikan dana pensiun langsung di outlet Bank BTN. Petugas BTN juga siap melayani dengan protokol pelayanan yang sudah disiapkan.


Nasabah peserta pensiunan juga dapat langsung mengecek dana tersebut lewat mobile banking atau internet banking Bank BTN.

"Tanpa perlu keluar rumah, nasabah dapat mengakses layanan banking from home lewat aplikasi mobile banking, misalnya mengecek dana di rekening, mutasi rekening, membayar tagihan dan sebagainya," tambah Ari.

Saat ini ATM BTN berjumlah lebih dari 2.090 unit ditambah jaringan ATM Link yang mencapai 53.000 unit sehingga memudahkan akses penarikan dana oleh nasabah. Untuk informasi selengkapnya mengenai layanan di atas, nasabah dapat menghubungi contact center Bank BTN di 1500286.

Selain BTN, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga mengimbau kepada nasabah khususnya penerima manfaat dana pensiun untuk tidak melakukan pencairan dananya di outlet atau kantor layanan Bank BTN.

BNI memberikan layanan kemudahan melakukan tarik tunai di ATM BNI dan Agen46 terdekat tanpa perlu melakukan autentifikasi atau datang ke kantor cabang BNI.

Bagi pensiunan yang belum memiliki kartu ATM BNI silahkan datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengikuti prosedur penarikan tunai tanpa kartu ATM.

Kebijakan iniditempuh oleh Taspen dan BNI sebagai respon atas perlunya kewaspadaan terhadap penyebaran wabah Virus Corona Deseas (COVID - 19) dan guna mengikuti arahan pemerintah untuk melakukan physical distancing.

"Kemudahan ini kami maksudkan untuk meningkatkan perlindungan terhadap para pensiunan yang rata-rata merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan terjangkit COVID-19. Dengan cara ini transaksi penarikan dana pensiun menjadi jauh lebih aman dan nyaman," ujar Direktur Layanan dan Jaringan BNI Adi Sulistyowati dalam siaran pers di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Jumlah pensiunan Taspen yang akan menerima manfaat dana pensiunnya pada April 2020 dan dilayani BNI mencapai sekitar

34.701 nasabah. Pembayaran dana pensiun tersebut dapat dilakukan di seluruh cabang BNI. Cabang-cabang berada dibawah 57 cabang padanan Taspen yang disebut Kantor Cabang Koordinator (Kancako).



Simak Video "Berbagi Optimisme di Tengah Pandemi dengan Gerakan #AntarkanSemangat"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com