Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Apr 2020 13:04 WIB

Pakai Aplikasi Ini, Transaksi Pelaku Bisnis Lebih Praktis

Angga Laraspati - detikFinance
BRI Foto: BRI
Jakarta -

Di tengah kondisi pandemi Corona (COVID-19) yang melanda banyak negara termasuk Indonesia kelancaran transaksi menjadi sangat penting bagi para pelaku bisnis. Menanggapi hal ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan layanan Smart Billing yang dapat membantu kelancaran transaksi para pelaku UMKM.

Inovasi produk dan layanan yang mendukung pelaku UMKM ini sejak tahun 2019 lalu diluncurkan, dibuat untuk membantu mengelola keuangan mulai dari pemasukan, pengeluaran hingga pemantauan tagihan. Layanan ini juga dapat digunakan oleh beragam orang, antara lain pelaku usaha pasar modern seperti department store, pemilik apartemen, pemilik rumah atau kosan, pengelola kawasan industri dan pelaku usaha ritel menengah.

Di samping itu, Layanan ini memberikan kemudahan dan fleksibilitas didukung dengan fitur-fitur perbankan yang aman dan nyaman kepada customer. Hal tersebut dibuktikan dengan pertumbuhan jumlah customer yang mengakses layanan Smart Billing tercatat naik 88,1% dari akhir tahun 2019.

"Platform ini membantu pengelolaan tagihan dan keuangan secara cepat, praktis dan aman. BRI terus berupaya memberikan kenyamanan dalam mendukung kegiatan bisnis nasabah," ungkap Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (9/4/2020).

Amam menambahkan, Smart Billing menjadi salah satu layanan yang mendorong cashless dan physical distancing. Pelaku usaha dapat mengirim tagihan bill ke customer melalui website tanpa melalui invoice secara manual.

"Layanan ini berbasis mobile dan website sehingga terhubung dengan mudah untuk seluruh kebutuhan tagihan tanpa harus tatap muka, bisa kapanpun dan di manapun. Tentunya sangat efektif dan membantu," tegas Amam.

Sebagai informasi, tingginya antusias terhadap aplikasi ini terlihat pada tingginya jumlah transaksi Smart Billing BRI yang tumbuh signifikan sebesar 173% di tiga bulan pertama tahun 2020. Hingga Maret 2020, jumlah pelaku usaha (Biller) yang memanfaatkan layanan ini tercatat tumbuh 38,5% dari akhir tahun 2019. Melalui aplikasi ini, pelaku usaha dapat memantau dan mengirimkan seluruh invoice kepada customer.

Sistem ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur tertentu sehingga mengelola invoice menjadi lebih hemat dan tepat waktu. Salah satunya fitur payment history dimana laporan pembayaran dari customer bisa tersampaikan secara real time online. BRI Smart Billing dapat diakses melalui dua versi, yakni website dan aplikasi.

Bagi para pelaku usaha atau biller yang akan mengirimkan invoice, BRI Smart Billing hanya bisa diakses melalui website di alamat https://brismartbilling.id. Sementara bagi pihak yang akan membayar tagihan bisa mengakses melalui website maupun aplikasi di smartphone yang berbasis di Android maupun iOS.



Simak Video "Teras BRI Kapal, Penjaga Kedaulatan Rupiah di Perbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com