Asyik! 5 Juta Nasabah Pegadaian Dapat Bebas Bunga 3 Bulan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 27 Apr 2020 09:46 WIB
Usai libur Lebaran kantor Pegadaian didatangi nasabah. Salah satunya di Kantor Pusat Pegadaian, Kramat, Jakarta
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta -

PT Pegadaian (Persero) memberikan bunga 0% ke 5 juta nasabahnya untuk transaksi gadai konvensional dan syariah. Relaksasi ini diberikan untuk mengurangi beban nasabah yang ekonominya tertekan akibat pandemi virus Corona (COVID-19).

Bebas bunga gadai ini diberikan kepada 3,5 juta nasabah eksisting dan 1,5 nasabah baru. Pembebasan ini hanya diberikan kepada nasabah yang meminjam dana di bawah Rp 1 juta.

"Kami berkomitmen terus memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah, terlebih lagi pada situasi yang sulit saat ini di tengah wabah Covid 19. Program pertama Gadai Peduli adalah menetapkan bunga 0%. Target kami kalau bisa membantu meringankan beban 5 juta nasabah gadai, dimana 3,5 juta nasabah dari eksisting dan 1,5 juta diharapkan dari tambahan nasabah selama bebas bunga diterapkan, program ini hanya berlaku untuk nasabah yang memiliki pinjaman kurang dari Rp 1 juta. Efektif dimulai tanggal 1 Mei 2020 dan berakhir 31 Juli 2020" kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dalam keterangan resminya, Senin (27/4/2020).

Ketika hendak menggadai, nasabah harus memastikan dalam 1 Kartu Keluarga (KK) tidak boleh lebih dari 1 penerima. Persyaratan ini akan terbukti secara otomatis melalui sistem gadai, sehingga nasabah tak perlu membawa KK ketika hendak menggadai.

Lebih lanjut, Pegadaian juga memberikan penundaan jatuh tempo lelang yang selama ini 15 hari, akan ditambah menjadi 30 hari, sehingga ada tambahan 15 hari relaksasi. Program ini diterapkan kepada semua nasabah tanpa kecuali, dimaksudkan memberikan kesempatan mengumpulkan dana kepada nasabah untuk bisa melunasi. Untuk batas akhir waktu penundaan jatuh tempo lelang ini akan ditetapkan kemudian.



Simak Video "Korban Corona, Mobil yang Tergadai"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)