BI Siapkan Uang Tunai Rp 158 Triliun untuk Lebaran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 30 Apr 2020 16:45 WIB
Pekerja merapihkan uang Dollar dan Rupiah di Cash Center BRI Pusat, Jakarta, Kamis (5/6/2014). Nilai tukar rupiah hingga penutupan perdagangan sore pekan ini hampir menyentuh angka Rp 12.000 per-dollar US.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang kartal atau tunai sebanyak Rp 158 triliun untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun ini. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, kebutuhan uang tunai ini turun 17,7%.

"BI menyiapkan uang kartal Rp 158 triliun untuk didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia," kata Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim dalam teleconference, Kamis (30/4/2020).

Dia mengatakan, setidaknya ada tiga penyebab yang membuat kebutuhan uang kartal ini turun. Pertama, pengaturan ulang jumlah hari libur dari semula 12 hari menjadi 5 hari.

"Adanya libur nasional yang diatur ulang di mana hari libur nasional 12 hari menjadi 5 hari dan digeser di akhir tahun," ujarnya.

Kedua, mayoritas pekerja swasta yang tidak menerima tunjangan hari raya (THR). Kemudian, THR hanya diberikan kepada ASN, TNI, Polri untuk golongan eselon III ke bawah.

Ketiga, kebijakan pemerintah yang melarang mudik tahun ini.

"Imbauan pemerintah untuk tidak melakukan mudik pada hari raya Idul Fitri di tahun ini," ujarnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/dna)