Pinjam Duit di Bawah Rp 1 juta di Pegadaian, Bunga 0% 3 Bulan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 14 Mei 2020 18:20 WIB
Seorang petugas menunjukan emas yang digadaikan oleh nasabah di kantor Pegadaian Pusat, Jakarta, Selasa (28/6/2016). Gadai emas menjadi pilihan warga untuk memenuhi kebutuhan jelang lebaran. Transaksi di Pegadaian pun meningkat dibanding bulan-bulan sebelumnya.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

PT Pegadaian (Persero) memberikan keringanan kepada masyarakat di tengah wabah pandemi Corona. Keringanan tersebut berupa perpanjangan waktu lelang hingga bunga.

"Beda gadai, non gadai. Kalau non gadai kertas, BPKB. Kalau gadai barang, kolateral jelas ada di kita," kata Sekretaris Perusahaan Pegadaian Swasono Amoeng Widodo dalam teleconference, Kamis (14/5/2020).

Dia menjelaskan, jangka waktu gadai biasanya berlangsung selama 4 bulan. Lanjutnya, jatuh tempo lelangnya pun kemudian diperpanjang selama 30 hari.

"Karena hanya 4 bulan maka yang dimainkan lelangnya mundur 30 hari lagi, yang tadi tanggal 1 lelang ditambah 30 hari," ungkapnya.

Bukan hanya itu, bunga pinjaman lelang itu pun dipangkas. Dalam kondisi seperti saat ini pinjaman di bawah Rp 1 juta bunganya 0%.

Keringanan bunga ini menyasar untuk 5 juta nasabah Pegadaian.

"Yang pinjamannya di bawah Rp 1 juta bunganya 0% Mei, Juni, Juli. Kalau ada pinjam di bawah Rp 1 juta bunganya 0%. Kita alokasikan 5 juta nasabah," ujarnya.



Simak Video "Korban Corona, Mobil yang Tergadai"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)