Gandeng Platform Online, BRI Salurkan KUR Digital untuk UMKM

Abu Ubaidillah - detikFinance
Jumat, 15 Mei 2020 15:02 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso
Foto: BRI
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk bekerja sama dengan ekosistem platform e-commerce dan ride-hailing untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Digital guna mendukung UMKM di tengah pandemi COVID-19.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso mengatakan inisiatif ini merupakan komitmen untuk menyukseskan gerakan nasional "Bangga Buatan Indonesia" yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (14/5/2020). Pada tahap pertama, BRI bekerja sama dengan Shopee & Grab untuk menyalurkan KUR kepada merchant UMKM secara digital serta pada tahap selanjutnya akan bekerja sama dengan Tokopedia dan Gojek.

Dengan KUR digital BRI, merchant UMKM bisa dengan mudah mendaftarkan usahanya melalui situs https://kur.bri.co.id. Hingga akhir April 2020, Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp 42,3 triliun kepada 1,5 juta debitur di seluruh Indonesia.

"Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi," ujar Sunarso dalam keterangan tertulis, Jumat (15/5/2020).

Sunarto menambahkan, selain bantuan dalam bantuan fasilitas pembiayaan, Bank BRI juga akan menciptakan inisiatif baru untuk mendukung keberlangsungan dan penyelamatan pelaku UMKM di Indonesia.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi menyebut pihaknya percaya penggunaan teknologi akan membawa dampak positif dan selalu berinovasi untuk menemukan cara lain yang bisa membantu mitra dalam menghadapi situasi pandemi.

"Kami bersyukur memiliki Bank BRI sebagai mitra strategis yang memiliki kesamaan visi dan misi untuk membantu mereka yang terdampak dari situasi ini. Kami menyambut positif dukungan dari Bank BRI dalam memberi layanan kredit khusus bagi mitra Grab Indonesia. Kami berharap program ini dapat meringankan beban mitra kami dalam situasi saat ini," jelas Neneng.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto mengatakan sebagai wujud nyata dukungan Shopee terhadap imbauan stimulus penanganan COVID-19 di platform yang diinisiasi pemerintah, kerja sama antara Shopee dan BRI diharapkan dapat menjadi solusi pembiayaan UMKM yang bisa meringankan para mitra penjual yang tengah berada dalam keadaan sulit.

"Kerja sama ini merupakan langkah lanjutan yang Shopee tempuh setelah sebelumnya merilis program stimulus Dukungan COVID-19 100M Shopee untuk para pelaku UMKM di platform kami. Namun kami yakin untuk dapat menjaga perekonomian Indonesia tetap berputar, diperlukan sinergi berkelanjutan dari pemerintah dan pihak swasta," ungkap Christin.

"Oleh karenanya, kami akan terus berupaya untuk terus menyediakan program yang dapat membantu sektor UMKM yang terkena dampak paling berat di tengah situasi pandemi," lanjutnya.

Di sisi lain, Co-CEO Gojek Andre Soelistyo menyebut pada masa pandemi ini, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjadi pertahanan untuk menjaga roda perekonomian lokal. Karena itu, pihaknya mengapresiasi kemitraan yang dijalin bersama Bank BRI.

"Kami berikan apresiasi kepada Bank BRI dan kami percaya kemitraan strategis ini dapat berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha mitra kami, di tengah masa pandemi ini. Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra usaha GoFood, penyaluran KUR digital yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka," kata Andre.



Simak Video "#BRIBersamaUMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ara)