Duh! Bank BUMN Sudah Kena Pangkal Krisis Imbas Corona

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 15 Mei 2020 16:30 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso
Sunarso/Foto: BRI
Jakarta -

Ketua Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) Sunarso buka-bukaan kondisi perbankan khususnya pelat merah imbas pandemi COVID-19. Menurutnya saat ini industri jasa keuangan tersebut sudah masuk ke pangkal krisis akibat merebaknya virus Corona.

"Impact-nya terhadap perbankan, sampai Maret saya katakan bahwa mungkin baru kena di pangkal krisis, sampai di Maret, karena kalau saya katakan bahwa Januari-Februari sebenarnya kita masih normal," kata dia dalam diskusi online yang tayang di YouTube, Jumat (15/5/2020).

Meski demikian, dia menjelaskan kondisi perbankan hingga Maret masih cukup stabil. Tapi pihaknya tak dapat menjanjikan bagaimana untuk ke depannya.

"Krisis baru pangkalnya saja yang mengefek mempengaruhi kinerja perbankan. Tapi selanjutnya saya akan mengatakan nggak janji deh setelah ini. Karena kondisinya memang kita masih penuh uncertainty (ketidakpastian). Yang terpenting adalah bagaimana kita me-manage risiko ini dan mengelolanya dengan baik," jelasnya.

Dia pun menilai krisis yang diakibatkan pandemi COVID-19 berbeda dengan krisis 1998 dan 2008. Sebab yang terjadi kali ini merata ke semua sektor dan semua negara. Bahkan UMKM yang selamat pada krisis sebelumnya pun ikut dihantam oleh pandemi virus Corona.

"Bahwa sekarang ini nggak ada yang bisa ngeles, semua di seluruh dunia, karena kalau dulu mungkin mau ngutang kanan-kiri masih bisa, sekarang ya nggak tahu semuanya mau ngutang," jelasnya.

Namun belajar dari pengalaman krisis terdahulu, dia menjelaskan bahwa manajemen risiko yang dilakukan perbankan kian membaik.

"Bahwa sebenarnya dari krisis ke krisis kita sebenarnya makin membaik, yaitu kualitas daripada risk management kita di industri," tambahnya.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)