Musim THR Tiba, Waspada Pembobolan ATM Via Skimming

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 16 Mei 2020 12:06 WIB
Polisi sisir mesin ATM di Tangsel untuk mencegah kasus pembobolan ATM bermodus skimming
Foto: Dok. Polres Tangsel: Polisi sisir mesin ATM di Tangsel untuk mencegah kasus pembobolan ATM bermodus skimming
Jakarta -

Pembobolan dana di mesin ATM menggunakan metode skimming kembali terjadi. Kali ini nasabah Bank BUMN di kawasan Bintaro menjadi korban.

Analyst Digital Forensic Ruby Alamsyah mengungkapkan dengan munculnya kembali kasus ini maka masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaaan.

"Masyarakat saat ini harus meningkatkan kewaspadaan dan mengerti modus pembobolan menggunakan skimming," kata Ruby saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/5/2020).

Dia mengungkapkan sebelum menggunakan mesin ATM masyarakat harus memperhatikan jika ada keanehan yang ada di mesin ATM.


Misalnya memperhatikan mulut ATM normal atau tidak hingga tempelan-tempelan yang biasanya tidak ada di mesin.

"Alat skimming biasanya dipasang di mulut mesin ATM. Jadi kalau dirasa melihat ada yang aneh, lebih baik jangan transaksi di situ. Atau bisa langsung ditarik dan dicopot saja," imbuh dia.

Cara lain adalah, masyarakat bisa bertransaksi di mesin ATM yang ada di kantor cabang bank. Hal ini karena biasanya mesin ATM di kantor cabang memiliki pengamanan yang tinggi dibandingkan mesin ATM di tempat lain.

Ruby mengungkapkan sindikat skimming ini memang seperti memanfaatkan momen pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan momen pemberian THR sampai bantuan sosial (bansos).

"Jadi memang seperti memanfaatkan ya, mereka memetakan oh tanggal segini pemberian THR, tanggal segini bansos. Jadi mereka juga bisa mengira-ngira. Memang harus waspada dari diri sendiri," jelas dia.

Food


Simak Video "Kasus Pembobolan Rekening Muncul di Kendari"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)