Mau ke ATM Cek THR? Baca Dulu Nih Tips Antiskimming

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 16 Mei 2020 12:57 WIB
Ilustrasi THR
Ilustrasi THR/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Pembobolan rekening bank menggunakan metode skimming masih terjadi. Salah satunya nasabah bank BUMN yang menjadi korban di kawasan Bintaro.

Bagaimana tips aman bertransaksi di mesin ATM agar terhindar dari kejahatan skimming? Analyst Digital Forensic Ruby Alamsyah mengungkapkan sebelum bertansaksi di mesin ATM, pemegang kartu bisa memperhatikan dengan detil mesin.

Apabila ada keanehan atau kejanggalan di mesin, lebih baik tidak bertransaksi di mesin tersebut.

"Bisa perhatikan dulu di mulut tempat kartu ATM masuk, jika ada yang aneh atau ada tambahan-tambahan yang janggal, lebih baik jangan lanjutkan transaksinya," kata dia saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/5/2020).


Dia mengungkapkan lebih baik mencari mesin ATM yang berada di kantor cabang bank. Hal ini lebih aman dibandingkan mesin ATM yang tidak memiliki pengawasan ketat.

Selanjutnya, nasabah juga bisa mengaktifkan fitur notifikasi melalui SMS. Hal ini untuk memantau pergerakan arus keluar masuk uang yang ada di rekening.

"Fitur notifikasi itu sangat penting, supaya ketahuan uang keluar. Jadi kalau memang ada transaksi mencurigakan bisa langsung lapor ke bank untuk pemblokiran," jelas dia.

Menurut dia, saat ini masih banyak nasabah yang belum mengaktifkan fitur notifikasi tersebut. Sehingga pemantauan uang di rekening bisa tertunda.

"Kalau notifikasi aktif bisa meminimalisir pencurian yang lebih besar. Selama ini kan kalau tidak punya notifikasi tidak tahu uangnya yang sudah diambil berapa tahu-tahu habis saja," imbuh dia.


Ruby menyebutkan mengganti nomor PIN secara berkala juga bisa dilakukan. Tapi juga harus diganti di mesin ATM yang berada di kantor bank.

Pasalnya, akan percuma jika mengganti PIN di mesin ATM yang pengawasannya rendah. "yang tepat sih sering ganti PIN di mesin ATM kantor cabang ya," ujarnya.

Food


Simak Video "Bobol 7 ATM, Pria Ini Diciduk Polisi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/hns)