Gojek Gandeng BRI untuk Salurkan KUR Digital bagi Mitra GoFood

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Selasa, 19 Mei 2020 11:35 WIB
Gojek
Foto: dok Gojek
Jakarta -

PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) digital bagi mitra usaha GoFood. Hal ini bertujuan untuk menjaga keberlangsungan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tengah pandemi Corona.

"Dalam masa pandemi COVID-19 ini, pengusaha UMKM kuliner yang tergabung sebagai merchant GoFood merupakan bagian dari populasi pekerja informal yang menjadi pertahanan untuk menjaga pertumbuhan roda ekonomi lokal," ujar Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dalam keterangan tertulis, Selasa (19/5/2020).

Andre juga menuturkan pihaknya percaya jika makin banyak pihak yang saling bahu membahu untuk meringankan beban finansial tiap orang, masa sulit pandemi Corona ini yang berdampak pada berbagai sektor tak terkecuali UMKM GoFood bisa dilewati dengan mudah.

"Kami berikan apresiasi kepada Bank BRI. Kami percaya kemitraan strategis ini dapat berdampak positif terhadap keberlangsungan usaha mitra kami, di tengah masa pandemi ini. Situasi pandemi sangat mempengaruhi pendapatan mitra usaha GoFood, penyaluran KUR digital yang diberikan diharapkan mampu untuk menjaga perputaran usaha mereka," jelasnya.

Untuk mitra usaha GoFood yang memenuhi persyaratan perbankan yang ditetapkan Bank BRI, Bank akan menyalurkan KUR Digital sampai dengan Rp 50 juta, dengan tenor selama 1-3 tahun, dengan bunga tahunan yang terjangkau.

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menjelaskan, dengan KUR Digital BRI, merchant UMKM dapat dengan mudah mendaftarkan usahanya di microsite https://kur.bri.co.id. "Inisiatif ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses pembiayaan KUR serta meningkatkan penyerapan KUR yang dapat membantu UMKM untuk terus bertahan di masa pandemi," tambah Sunarso.

Upaya Gojek dalam membantu mitranya tidak hanya terbatas pada bantuan penyaluran KUR, sebelumnya Gojek juga telah memfasilitasi mitra driver dengan pinjaman Dana Bunga Ringan yang juga merupakan kolaborasi bersama Bank BRI. Selain itu, menjaga keamanan dan keselamatan mitra dan pengguna adalah prioritas utama Gojek dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Gojek telah dan terus menyediakan paket kesehatan termasuk menjalankan protokol kesehatan pemerintah khususnya bagi seluruh mitra usaha GoFood di berbagai kota di Indonesia. Gojek juga melakukan sosialisasi secara intensif untuk memastikan mitra mematuhi panduan kesehatan dan keamanan bersama.

Selain penyaluran KUR, berbagai program juga diluncurkan oleh Gojek guna mendorong keberlanjutan usaha mitra GoFood, seperti mendorong demand untuk mitra merchant GoFood melalui HARKULNAS guna mendukung stabilitas pendapatan mitra merchant dan serta kampanye PamerGoFoodku sebagai wujud dukungan Gojek untuk UMKM GoFood yang baru bergabung.



Simak Video "Telkom Buka Suara Terkait Kabar Investasi ke Gojek"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ara)