Modal Asing Makin Deras Masuk RI, Ini Rinciannya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 17:50 WIB
Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah akhirnya tembus ke level Rp 15.000. Ini adalah pertama kalinya dolar AS menyentuh level tersebut pada tahun ini.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran modal asing yang masuk ke Indonesia semakin banyak. Hal ini tercermin dari banyaknya investor asing yang membeli surat berharga negara (SBN).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan, hal ini menunjukkan jika investor asing semakin confidence masuk ke Indonesia. "Makin lama semakin baik, ini terbukti dari aliran modal asing yang masuk ke SBN sejak minggu kedua bulan Mei terus masuk," kata Perry dalam video conference, Jumat (5/6/2020).

Dia mengungkapkan jika dilihat data mingguan pada minggu kedua Mei tercatat inflow Rp 2,97 triliun, minggu ketiga Rp 6,15 triliun, minggu keempat Rp 2,5 triliun dan 1 Juni Rp 7,01 triliun.

"Ini menunjukkan modal asing terus membaik. Karena itu kondisi ini terkait dengan cadangan devisa yang terus meningkat tapi angkanya tunggu Senin ya publikasinya. Angkanya lebih tinggi dari bulan lalu," jelas dia.

Kemudian Perry juga menjelaskan kepemilikan BI untuk SBN tercatat Rp 445,4 triliun pada 4 Juni 2020. Angka ini lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya Rp 443,48 triliun.

Ke depannya, Perry menyebut pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan dan OJK dalam menjalankan kebijakan fiskal, moneter, maupun sektor keuangan dalam rangka menciptakan stabilitas dan optimisme di pasar.



Simak Video "Kayu Putih Hidupkan Desa Wonoharjo"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/fdl)