Hadapi New Normal, Bos OJK: Roda Perekonomian Harus Tetap Bergerak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 12 Jun 2020 11:42 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso
Ketua OJK Wimboh Santoso/Foto: Agus Dwi Nugroho / 20detik
Jakarta -

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengajak masyarakat untuk bersemangat menghadapi situasi new normal. Hal ini agar perekonomian nasional kembali berjalan. Walaupun new normal, masyarakat Indonesia juga harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat sebagai cara perlindungan diri.

"Detikers, di mana pun berada. Pandemi COVID-19 di seluruh dunia belum jelas kapan berakhir, vaksin masih dikembangkan. Tetapi roda perekonomian harus tetap bergerak," kata Wimboh kepada detikcom, Jumat (12/6/2020).

Dia mengungkapkan OJK sebagai regulator yang mengatur industri jasa keuangan, melindungi konsumen mendukung penuh yang disampaikan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjalankan skenario new normal.

"Tatanan new normal harus dimanfaatkan, karena berpotensi meningkatkan perekonomian. OJK sudah menerbitkan kebijakan dan memantau realisasinya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi COVID-19 ini," jelasnya.

Wimboh mengapresiasi langkah pemerintah pusat, daerah, industri jasa keuangan atas sinergi untuk menjadi lebih baik dalam menyongsong era new normal.

"Kita harus memiliki semangat kebangsaan, saatnya bahu membahu saling percaya dan peduli. Kita sama-sama menggairahkan perekonomian kita," jelasnya.

Saat ini OJK dalam menjalankan tugas selalu memperhatikan protokol kesehatan berdasarkan arahan satgas penanganan COVID-19 dan Kementerian Kesehatan. Dia mengharapkan masyarakat juga bisa meningkatkan kepedulian terhadap diri sendiri dan tetap menjaga kesehatan.

Menurut dia era new normal adalah pilihan logis. Era ini harus dipandang sebagai era positif untuk optimisme ke depan dan menebar kebaikan kepada sesama.

"Tetap semangat, tetap sehat, jangan lupa menggunakan masker, mencuci tangan, jaga jarak, istirahat yang cukup dan ikuti protokol kesehatan yang tepat. New normal, New Spirit, stay safe dan stay healthy," ujarnya.



Simak Video "Dear Masyarakat, Polisi Minta Cek Legalitas Pinjol Sebelum Transaksi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)