Begini Skema Suntikan Modal LPS Jika Bank BUMN Gagal Bayar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 15:46 WIB
Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menurunkan suku bunga penjaminan untuk simpanan rupiah dan valuta asing pada bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR).
LPS/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Bank BUMN mendapatkan penempatan dana sebesar Rp 30 triliun untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin uang negara yang ditempatkan ke bank umum tersebut.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengungkapkan sejak awal pemerintah menempatkan dana tersebut di bank yang sehat.

"Di mana bank-bank ini mengikuti ketentuan UU PPKSK, tidak ada opsi untuk melakukan likuidasi," kata Halim dalam rapat dengan komisi XI DPR, di Jakarta, Senin (29/6/2020).

Dia menyampaikan dengan demikian LPS wajib melakukan penyelamatan, dalam konteks ini sesuai dengan Perppu Nomor 1 2020. Kemudian LPS juga dapat melakukan langkah antisipasi baik dalam bentuk pemeriksaan bersama dengan OJK terhadap kondisi bank tersebut.

"LPS antisipasi maupun menyiapkan dana apabila LPS diperkirakan akan menangani bank tersebut sebagai bank gagal," ujar dia.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tips Menghadapi Persaingan Bisnis Online"
[Gambas:Video 20detik]