bank bjb Dorong UMKM Genjot Bisnis di Tengah New Normal

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 16:11 WIB
Hambatan UMKM Go-Online
Ilustrasi Bisnis UMKM (Foto: detik)
Jakarta -

bank bjb mendorong para debitur dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) lebih berani dalam menumbuhkan bisnis di masa transisi new normal. Sebab berbagai aktivitas sosial yang selama ini dibatasi, termasuk kegiatan ekonomi kini telah diberi kesempatan untuk kembali bergeliat.

"Vitalitas yang menggelora adalah kunci utama keberhasilan dalam memulai lagi beragam upaya. Semangat juang mesti menyentuh titik optimal. Jika tidak, sekuat apapun modal yang dimiliki untuk memulai, tak akan banyak menghasilkan apa-apa," ujar Direktur Konsumer dan Ritel bank bjb Suartini, dalam keterangan tertulis, Senin (29/6/2020).

Suartini mengatakan melalui bincang bisnis bertema "Menumbuhkan Mental Juara dalam Menghadapi New Norma" yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, pihaknya berharap dapat memberi masukan kepada pelaku UMKM dalam mengeksekusi strategi bisnis.

"Bekal motivasi yang diberikan, diharapkan akan lebih memantapkan mental juara untuk mengeksekusi strategi bisnis yang juga telah disarankan para praktisi dan ahli lewat rangkaian perbincangan yang difasilitasi bank bjb," ungkapnya.

Diketahui, bincang bisnis tersebut menghadirkan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil sebagai pembicara.

Dalam paparannya, Atalia menyampaikan sejumlah materi terkait mental seorang juara dalam menghadapi musibah dan manfaat berkomunitas dan berorganisasi dalam berwirausaha. Atalia juga membagikan tips menumbuhkan dan menjaga semangat berwirausaha agar semangat para pelaku usaha semakin terlecut.

Sebelumnya, bank bjb telah memberikan serangkaian materi kepada para pelaku UMKM yang berisi tentang strategi akselerasi usaha di era new normal. Salah satu yang kerap disarankan ialah dengan memanfaatkan platform digital sebagai media pengenalan dan pemasaran produk.


Media digital dinilai lebih efektif dalam menjangkau khalayak yang lebih luas serta relevan dengan kondisi hari ini yang mengharuskan pola transaksi diterapkan secara lebih ketat demi menghindari kemungkinan transmisi virus yang lebih besar.

Ke depan, bank bjb akan terus mengawal para pelaku usaha agar mereka dapat meningkatkan kapasitas bisnisnya. Edukasi dan beragam diskusi serta pelatihan bakal terus digiatkan demi memastikan gerak langkah UMKM menuju tangga juara sebagai mitra usaha bank bjb dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam bincang bisnis tersebut, bank bjb juga mengumumkan pemenang sayembara menulis bagi para debitur dengan tema 'Optimis di Masa Krisis' yang diselenggarakan pada 14-29 Mei 2020. Terdapat 10 pemenang terbaik hasil penjurian Divisi Kredit dan UMKM bank bjb. Penjurian dilakukan dengan merujuk pada sejumlah indikator, antara lain kreatifitas ide, strategi usaha, potensi bisnis, manajemen, dan motivasi.

Sayembara ini merupakan ajang agar debitur dapat menceritakan dan menginspirasi dengan tetap bersikap optimis di masa pandemi COVID-19 demi menjaga kelangsungan dan keberlanjutan bisnisnya.



Simak Video "Menikmati Alam Hingga Spot Instagramable di Kota Kembang"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)