Meski Dihantam Corona, BRI Yakin Kredit Masih Bisa Tumbuh 5%

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 11:58 WIB
EDC BRI
Foto: Didik Dwi H/20detik
Jakarta -

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yakin tahun ini masih bisa menorehkan pertumbuhan penyaluran kredit. Meskipun targetnya turun dari target pertumbuhan kredit yang ditetapkan sebelumnya

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, industri perbankan masih memiliki peluang untuk menumbuhkan kreditnya tahun ini. Meskipun roda ekonomi tahun ini begitu melambat karena dihantam wabah COVID-19.

"Kita optimis selama full year 2020. Kira-kira prospek menumbuhkan kredit kalau tahun lalu sekitar 6% (industri) tahun ini pun kredit masih tumbuh positif. Kredit kami pun diproyeksikan tetap tumbuh positif," ujarnya dalam konferensi pers di gedung OJK yang disiarkan live melalui akun Youtube Jasa Keuangan, Rabu (1/7/2020).


Sunarso menambahkan, untuk BRI sendiri masih yakin penyaluran kredit tahun ini bisa tumbuh sekitar 4-5%. Meskipun angka itu turun dari proyeksi sebelumnya yakni tumbuh 11%.

"Kredit kita proyeksikan tetap tumbuh positif. Berapa? Masing-masing bank beda-beda. Kalau BRI masih bisa tumbuh 4-5%, yang penting kredit positif," tambahnya.

Di 2019 sendiri, BRI menyalurkan kredit sebesar Rp 908,88 triliun. Angka itu tumbuh 8,44% dibanding penyaluran kredit di 2018.



Simak Video "Teras BRI Kapal, Penjaga Kedaulatan Rupiah di Perbatasan"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)