Ini Penyebab Nasabah Bank Bukopin Sulit Tarik Dana

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 15:11 WIB
Bank Syariah Bukopin (BSB) akan meluncurkan pembiayaan baru sekitar Rp 500 miliar. Pembiayaan ini diluncurkan pada semester II/2013.
Bank Bukopin/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Sejumlah nasabah PT Bank Bukopin Tbk kesulitan mengambil dana dan melakukan transaksi. Sekretaris Perusahaan Bank Bukopin Meliawati memberikan penjelasan terkait kejadian tersebut.

Mengutip keterbukaan informasi di IDX, Meliawati mengungkapkan saat ini perseroan telah menyelesaikan permasalahan nasabah dalam hal pencairan dana dan nasabah dapat menerima penjelasan perseroan atas kondisi tersebut.

"Pembatasan penarikan dana di beberapa cabang dilakukan dalam kondisi situasional, agar perseroan dapat memenuhi kebutuhan transaksi nasabah," kata dia dalam keterbukaan informasi, dikutip Rabu (1/7/2020).

Dia mengungkapkan hal ini menjadi penyesuaian yang perlu dilakukan dan pejabat bank tetap memberikan penjelasan kepada nasabah, sebagaimana standar pelayanan operasional perseroan.

Sebagai informasi, saat ini perusahaan bersama dengan KB Kookmin Bank sedang melakukan proses penambahan modal oleh pemegang saham utama untuk memperkuat fundamental Perseroan.

Proses tersebut saat ini dalam kajian final oleh regulator, baik di Indonesia maupun di Korea Selatan.

Selain itu, perseroan sedang mengupayakan berbagai alternatif strategis untuk membantu penguatan kondisi terutama dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Di antaranya, pendampingan oleh bank pemerintah dalam bentuk Technical Assistance (TA), perluasan money market line antar bank, program promosi simpanan dana nasabah dengan pilihan jangka waktu tertentu, dan sebagainya," ujarnya.



Simak Video "Jokowi Kecam Banyak Dana Macet di BPD"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)