Redam Kekhawatiran Nasabah Bukopin, Petinggi Kookmin Bank ke RI

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 23:10 WIB
Rivan Achmad Purwanto bank bukopin
Dirut Bank Bukopin: Rivan Achmad Purwantono/Foto: Dok. Rosa/KAGAMA
Jakarta -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bertemu perwakilan manajemen KB Kookmin Bank di Jakarta Rabu (1/7). Hadir dalam pertemuan itu antara lain Chang Su Choi yang menjabat Managing Director KB Kookmin Bank sekaligus Komisaris PT Bank Bukopin Tbk, dan dia datang dari Korea Selatan.

Mengutip CNN Indonesia, Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono menjelaskan kedatangan manajemen KB Kookmin Bank merupakan bukti keseriusan Bukopin memperbaiki kinerja keuangan serta meyakinkan nasabah di tengah isu penarikan dana besar-besaran nasabah (rush money).

"Saya sampai kan kepada nasabah, ini lah keseriusan Kookmin yang hadir dalam pertemuan ini. Dan menyatakan kami lah pemegang saham pengendali," ujar Rivan di kawasan SCBD, Jakarta Pusat, Kamis (2/7).

Sebagai informasi, Kookmin Bank telah mendapatkan restu dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menjadi pemegang saham mayoritas PT Bank Bukopin Tbk. Caranya dengan menyerap seluruh saham yang diterbitkan Bukopin.


Pada pertemuan hari ini, Kamis (2/7), Bukopin resmi memperkenalkan KB Kookmin Bank sebagai calon pemegang saham pengendali kepada para nasabahnya.

Ke depan, lanjut Rivan, KB Kookmin Bank akan terus melanjutkan proses penambahan kepemilikan sahamnya hingga menjadi pemilik mayoritas Bank Bukopin melalui mekanisme yang sedang dibahas dengan regulator.

"Ini adalah proses yang kami lakukan dengan melepas 4,6 miliar. Memang dipertanyakan nanti komposisi sahamnya seperti apa. Tapi dengan berbagai exercises dengan berbagai kemungkinan, yang dipastikan menjadi pemegang saham pengendali adalah KB Kookmin Bank," tutur Rivan.



Simak Video "Kiat Laris di Tengah Bayang-bayang Resesi"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/ang)