Erick Thohir Mau Gabungkan Dana Pensiun BUMN, Ini Kendalanya

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 06 Jul 2020 11:07 WIB
Menteri BUMN bersama Menhub dan Gubernur DKI Jakarta resmikan stasiun terpadu Tanah Abang. Keberadaan stasiun ini diharapkan dapat memudahkan mobilisasi warga.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sedang mengejar efisiensi di perusahaan pelat merah. Wacana terbaru, Erick ingin menggabungkan seluruh perusahaan dana pensiun (dapen).

Rencana penggabungan dapen ini akan dilakukan bertahap antara 3-4 dapen BUMN. Memangnya ada berapa dapen yang dimiliki BUMN?

Seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (6/7/2020), saat ini 4 bank BUMN memiliki dapen masing-masing. Bahkan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) selain memiliki Dapen Bank Mandiri, juga masih ada empat dapen yang mengelola pensiunan 4 bank yang sebelumnya dimerger menjadi Bank Mandiri pada Juli 1999 yakni Dapen Bank Mandiri Satu (Bank Bumi Daya/BBD), Dapen Bank Mandiri Dua (Bank Dagang Negara/BDN), Dapen Bank Mandiri Tiga (Bank Exim), dan Dapen Bank Mandiri Empat (Bapindo).

Tak hanya itu, BUMN lain pun memiliki dapen masing-masing di antaranya Dapen Telkom, Dapen Bank BRI, Dapen BNI, Dapen Pertamina, Dapen Krakatau Steel, Dapen BTN, Dapen PLN, Dapen Perkebunan (Dapenbun), dan lainnya.

Malahan ada pula bank BUMN yang membentuk Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)-yang bisa diperuntukkan untuk masyarakat non-pegawai BUMN-meskipun ada yang sudah dialihkan ke perusahaan asuransi jiwa seperti DPLK Bank Mandiri yang dialihkan ke DPLK AXA Mandiri, tahun lalu.

Bank BUMN lainnya, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) juga masih mengelola Dapen BNI dan DPLK BNI. Juli tahun lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun membubarkan dua dapen BUMN yakni Dapen Dok Dan Perkapalan Surabaya dan Dapen Istaka Karya.

Apa kata Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI)? Lihat di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]