Pemerintah Bentuk Perusahaan Baru, Jiwasraya Bakal Ditutup

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 18:35 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya
Pemerintah Bentuk Perusahaan Baru, Jiwasraya Bakal Ditutup
Jakarta -

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan bahwa PT Asuransi Jiwasraya (Persero) kemungkinan akan ditutup. Sebab pihaknya sedang menyiapkan perusahaan baru, yakni Nusantara Life untuk menampung pemegang polis Jiwasraya ke perusahaan baru tersebut.

"Pada akhirnya ditutup, (Jiwasraya) pada akhirnya tutup. Tapi memang kita harapkan seluruh pemegang polis ini diharapkan nanti mau untuk pindah (ke Nusantara Life) karena yang Jiwasraya memang tidak ada pesertanya," kata dia ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/7/2020).

Pihaknya pun sudah mengusulkan pembentukan perusahaan baru ini kepada panitia kerja (Panja) Komisi VI DPR. Perusahaan baru ini akan dinaungi oleh Bahana Pembinaan Usaha Indonesia.

"Nantinya Nusantara Life ini akan menjadi perusahaan yang akan membawa polis-polis Jiwasraya yang telah direstrukturisasi. Nah kami tadi juga usulkan opsi-opsi restrukturisasi baik untuk polis tradisional maupun polis JS Saving Plan," lanjutnya.

Kalau opsi tersebut disetujui maka mulai Agustus para pemegang polis akan dipanggil untuk melakukan restrukturisasi tersebut.

"Nah jadi gini, kan ini Jiwasraya kan, polisnya kita restrukturisasi, bunganya kita bikin lebih rendah, mungkin ada pemotongan pokok dan sebagainya, terus kita pindahkan ke sini (Nusantara Life)," tambahnya.



Simak Video "Eks Dirut Jiwasraya Diduga Reaktif Corona, Sidangnya Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)