Hari Ini Giliran Doni Joewono Jalani Uji Kelayakan Calon DG BI

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 08 Jul 2020 09:33 WIB
logo bank indonesia
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Komisi XI DPR RI telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Kemarin, dua calon DG yakni Juda Agung dan Aida S Budiman telah menjalani fit and proper test dan memaparkan visi misi ke depan.

Hari ini giliran Doni P Joewono yang memaparkan visi dan misi serta menjawab pertanyaan dari para anggota dewan.

Doni memulai karier di BI pada periode 1991 sebagai staf direktur pengelolaan moneter.

Kemudian karier Doni mulai meningkat yakni menjadi peneliti ekonomi junior direktur pengelolaan moneter, selanjutnya deputi kepala bagian direktur statistik ekonomi dan moneter.

Pada 2005-2008 Doni menjadi peneliti ekonomi kantor perwakilan BI di London. Kemudian pada 2012-2013 Doni menjadi kepala kantor perwakilan BI Solo.

Pada 2015 Doni menjadi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta dan pada 2018 Doni menjadi kepala perwakilan Kpw BI Provinsi Jawa Barat.

Doni lahir di Surabaya pada 24 Februari 1965. Ia menempuh pendidikan sarjana di bidang Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Sebelas Maret pada 1988. Kemudian dia melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan Administrasi dan meraih gelar master pada 2004.

Selain fit and proper test Doni, Komisi XI DPR RI hari ini juga akan melakukan rapat untuk jadwal hasil keputusan fit and proper test.

Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto menjelaskan saat ini belum ada pembahasan kapan pengumuman hasil akan keluar.

"Kita belum rapat internal pleno mekanisme pengambilan keputusan dan jadwal pengambil keputusan hasil fit and proper test, yang pasti belum kita rapatkan," ujar Dito.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)