Polling: Setuju Nggak Ubah Rp 1.000 jadi Rp 1?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 09 Jul 2020 09:00 WIB
Ilustrasi redenominasi
Foto: Istimewa
Jakarta -

Pemerintah kembali berencana melakukan redenominasi alias penyederhanaan nominal uang rupiah. Nantinya, penyederhanaan nominal rupiah dilakukan dengan mengurangi tiga angka nol seperti Rp 1000 menjadi Rp 1.

Perlu diketahui rencana ini bukan hal baru, rencananya sendiri sudah ada sejak Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia masih dijabat oleh Darmin Nasution. Setelah Darmin selesai menjadi Gubernur BI, Agus Martowardojo yang menduduki selanjutnya makin menguatkan rencana redenominasi.

Kementerian Keuangan pernah mengeluarkan ilustrasi bentuk uang redenominasi pada medio 2013. Dalam ilustrasi tersebut, terdapat dua mata uang rupiah dengan desain baru yang sudah disiapkan.

Mata uang tersebut yakni mata uang ketika masa transisi, di mana bentuk dan desain masih sama dengan mata uang saat ini yang berlaku namun jumlah nol-nya dikurangi.

Jika memang telah dipastikan tiga angka nol akan disederhanakan, maka mata uang masa transisi hanya menghilangkan tiga angka nolnya. Mata uang Rp 100.000 menjadi Rp 100 dengan desain yang sama. Begitu juga Rp 50.000 yang menjadi Rp 50 dan Rp 20.000 yang menjadi Rp 20 dengan desain dan bentuk yang sama.

Bagaimana dengan pembaca detikcom? Setuju dengan rencana ubah Rp 1.000 jadi Rp 1? Berikan tanggapan dengan memilih setuju atau tidak setuju di kolom komentar, jangan lupa tuliskan alasannya. Polling akan ditutup pukul 09.00 besok pagi.



Simak Video "Penyederhanaan Nilai Rupiah alias Redenominasi Nongol Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)