Jurus Perbankan Bertahan di Tengah Corona

Sukma Indah Permana - detikFinance
Selasa, 21 Jul 2020 18:34 WIB
Poster
Ilustrasi/Foto: Edi Wahyono

Selain Firman, Seminar daring yang diselenggarakan Keluarga Alumni Magister Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Bisnis Universitas Gadjah Mada (Kafegama MM UGM) ini juga menghadirkan Direktur Tresuri Bank Panin, Gunawan Santoso. Gunawan menambahkan sebelum pandemi COVID-19, perbankan sudah mengalami banyak tantangan yang membuat pengelola perbankan mengubah cara berpikir para pelakunya.

"Kami berhadapan dengan anak-anak milenial, yang cara berpikirnya mudah dan simple, berhadapan dengan fintech dan start up yang secara signifikan mendisrupsi dunia perbankan, mudah memberikan kredit ketimbang perbankan konvensional," tuturnya.

Salah satu strategi yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, kata Gunawan, adalah perbankan akhirnya bekerja sama dengan marketplace online. Ia mengungkapkan pandemi COVID-19 mempercepat tantangan yang dari dulu dihadapi, seperti percepatan transaksi online.

Ia menilai pandemi COVID-19 membuat ketidakpastian meningkat. Selain itu, menurutnya tidak pernah ada yang tahu kapan berakhir dan sejauh mana pandemi COVID-19 ini terjadi. Oleh karena itu di tengah situasi ini, Gunawan menilai likuiditas dan cash menjadi skala prioritas bagi nasabah.

"Dulu orang melakukan pembayaran datang ke bank, sekarang hal itu tidak perlu lagi," jelasnya.

Halaman


Simak Video "Tabungan Dirasa Janggal? Konfirmasi Dulu ke Bank Bersangkutan"
[Gambas:Video 20detik]

(sip/hns)