Suntikan Modal buat Jiwasraya Masih Abu-abu

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 25 Jul 2020 08:30 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Nasib suntikan modal PT Asuransi Jiwasraya (Persero) belum jelas. Kementerian Keuangan belum memutuskan pemberian suntikan modal berupa penyertaan modal negara (PMN) kepada BUMN asuransi ini.

PMN menjadi salah satu opsi yang bisa dipilih pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang menimpa Jiwasraya. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan menyatakan opsi penyuntikan modal melalui PMN kepada Jiwasraya belum diputuskan masuk pada APBN 2021 atau tidak.

Dirjen Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata mengatakan saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian BUMN untuk memutuskan opsi apa yang akan diambil pemerintah untuk menyelamatkan Jiwasraya.

"Kita tunggu saja, apakah dianggarkan apa nggak," kata Isa dalam acara media briefing via virtual, Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Isa menyebut, pemerintah sampai saat ini tetap akan menyelesaikan masalah yang menimpa Jiwasraya. Menurut Isa, pemerintah bisa saja menyelamatkan Jiwasraya tidak melalui PMN melainkan skema baru.

Meski begitu, Isa mengaku belum bisa menjelaskan secara detail mengenai skema baru yang akan dipertimbangkan pemerintah untuk menyelesaikan kasus Jiwasraya.

"Tapi yang jelas pemerintah akan lakukan mekanisme tidak investasi langsung ke Jiwasraya. Detailnya nanti akan satu pintu, agar ceritanya jelas lewat Kementerian BUMN. Kita lihat Agustus ada apa nggak, ada alternatif lain kita selesaikan Jiwasraya," ungkapnya.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Mantan Dirut Jiwasraya Dituntut 20 Tahun Penjara"
[Gambas:Video 20detik]