3 Proyek Infrakstruktur yang Mejeng di Uang Rp 75.000 HUT RI

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 17 Agu 2020 20:30 WIB
Uang Khusus HUT RI ke-75
Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta -

Bank Indonesia (BI) baru saja menerbitkan uang peringatan kemerdekaan 75 tahun Republik Indonesia (RI) dengan nominal Rp 75 ribu. Uang tersebut memiliki sejumlah filosofi dan makna yang tercermin dari gambar uang.

Termasuk, capaian pembangunan selama 75 tahun Indonesia.

"Berbagai pencapaian pembangunan selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia digambarkan Jembatan Youtefa, MRT dan Tol Trans Java," kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam peluncuran yang disiarkan lewat Youtube, Senin (17/8/2020).

Uang Khusus HUT RI ke-75Uang Khusus HUT RI ke-75 Foto: Dok. Bank Indonesia

Sedikitnya ada tiga proyek infrastruktur besar yang terpampang di uang peringatan kemerdekaan RI ke-75. Berikut profil ketiga proyek infrastruktur tersebut:

1. Jembatan Youtefa

Jembatan Youtefa di Papua sebelumnya lebih populer dengan nama Jembatan Holtekamp. Jembatan yang menghubungkan Holtekamp dan Hamadi ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 20 Oktober 2019 bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Pembangunan jembatan dimulai pada 9 Mei 2015. Pembangunan jembatan sepanjang 1.328 meter ini dilakukan di dua lokasi yakni Surabaya dan Papua.

Pembangunan dua pelengkung baja dilakukan Surabaya kemudian dikirim ke Papua. Di mana, satu pelengkung baja memiliki berat sampai 2.000 ton.

Biaya pembangunan jembatan ini sekitar Rp 1,5 triliun yang berasal dari APBN dan APBD. Adanya Jembatan Youtefa memangkas waktu perjalanan dari Jayapura ke perbatasan di wilayah Skouw dari 3,5 jam jadi setengah jam.

jembatan youtefaJembatan Youtefa Foto: Hutama Karya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ngaku Bisa Ambil Uang Gaib, Kakek di Subang Tipu Warga Rp 15 Juta"
[Gambas:Video 20detik]

Tag Terpopuler