Kartu JakCard Kini Bisa Buat Bayar Tol di Jagorawi dan Dalkot

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 17 Agu 2020 21:30 WIB
Pengunjung Taman Impian Jaya Ancol sedang melakukan transaksi Scan To Pay menggunakan JakOne Mobile Bank DKI pada mesin Mobile-Point of Sale (M-POS) di Jakarta, (31/12). Pengunjung Ancol dapat melakukan pembayaran tiket gerbang Ancol dengan Kartu Debit GPN dan Kartu Kredit, baik Bank DKI maupun bank lainnya, serta menerima transaksi QR Code JakOne Mobile dan QRIS. Pengunjung Ancol juga dapat menggunakan uang elektronik kartu prepaid JakCard Bank DKI di berbagai unit rekreasi Ancol seperti Sea World, Dunia Fantasi, Ocean Dream, dan Atlantis. Penggunaan layanan e-channel Bank DKI di Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu bentuk sinergi antar sesama BUMD di DKI Jakarta.
Ilustrasi/Foto: dok. Bank DKI
Jakarta -

Kartu JakCard milik Bank DKI kini sudah bisa digunakan sebagai alat pembayaran di jalan tol. Mulai dari tol Jagorawi dan tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) bisa menggunakan JakCard.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Herry Djufraini mengatakan penggunaan JakCard sebagai alat pembayaran di jalan tol masih dalam status diuji coba dan akan diimplementasikan secara penuh sesegera mungkin.

"Hal ini semakin menegaskan komitmen Bank DKI dalam rangka memperluas akseptansi JakCard sebagai alat pembayaran micropayment," kata Herry lewat keterangannya, Minggu (17/8/2020).

Herry mengatakan kartu JakCard bisa digunakan pada Gerbang Tol Dalam Kota mulai dari Gerbang Tol (GT) Cililitan, Halim, Cawang, Tebet 1 & 2, Kuningan 1& 2, Semanggi 1 & 2, Senayan, Pejompongan, Slipi 1 & 2, Jelambar 1 & 2, Tanjung Duren, Tomang dan Angke 1 & 2.

Kemudian untuk Gerbang Tol Jagorawi bisa digunakan gerbang tol Ciawi 1 & 2, Bogor 1 & 2, Sentul Selatan 1 & 2, Sentul 1 & 2, Citeureup 1 & 2, Gunung Putri, Karanggan, Cimanggis Ramp, Cimanggis 2 & 3, Cibubur 1 & 2, Dukuh 2, Taman Mini 1 & 2.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Reza Febriano mengatakan implementasi JakCard diharapkan menambah kemudahan pengguna jalan untuk mengakses jalan tol.

"Dengan masuknya JakCard untuk pembayaran tol, terutama di Jalan tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) dan Jagorawi saat ini, tentu saja memberikan tambahan alternatif uang elektronik yang bisa digunakan pengguna jalan sehingga transaksi semakin mudah" kata Reza.

JakCard sendiri adalah kartu prabayar yang diterbitkan oleh Bank DKI. Selama ini sudah dipergunakan secara luas sebagai e-ticketing berbagai moda transportasi layanan publik. Mulai dari TransJakarta, Mikro Trans, Angkot Jak Lingko, MRT Jakarta, LRT, hingga kereta bandara/Railink.

JakCard juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov. DKI Jakarta seperti Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Monas, GOR, Planetarium dan sejumlah museum.



Simak Video "Segera Hadir Penghubung Jalan Baru di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)