5 Koin Kuno Peradaban Islam Dilelang Rp 14 M

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 17:35 WIB
Uang Kuno Islam
Foto: Uang Kuno Islam (ArtDaily)
Jakarta -

Sebanyak 5 koin kuno di masa peradaban Islam akan dilelang senilai US$ 1 juta atau sekitar Rp 14,78 miliar (kurs Rp 14.759) pada 22 Oktober mendatang di London, Inggris.

Koin-koin bukti sejarah era awal Islam tersebut merupakan koleksi dari Morton & Eden yang rutin menggelar lelang atas barang-barang bersejarah.

Seorang spesialis koin Islam Stephen Lloyd menjelaskan, koin tersebut sangat dicari oleh para kolektor karena punya nilai sejarah yang sangat berharga,

"Koin langka ini sangat dicari, dua emas dan tiga perak, menceritakan kisah dekade pertama Islam dengan cara yang unik. Koin tersebut menunjukkan bagaimana kekaisaran Islam berkembang ke arah timur dan barat pada abad ke-7 M, tidak hanya tanah yang ditaklukkan disatukan melalui aturan dan budaya Islam, sistem koin pan-Islam memberikan kohesi tambahan," kata Lloyd seperti yang dilansir dari ArtDaily, Rabu (19/8/2020).

Ia menjelaskan, koin-koin di era awal Islam tersebut dibuat tanpa adanya tradisi pembuatan koin sebelumnya. Sehingga, koin-koin tersebut dibuat berdasarkan inspirasi murni para penguasa di kekaisaran Islam untuk tujuan tersendiri.

Pada tahun 2019, Morton & Eden juga sukses melelang koin emas Islam yang merupakan hasil dari tambang di Hijaz, sebuah wilayah di Arab Saudi dengan harga £ 3,72 juta atau sekitar Rp 72,92 miliar (kurs Rp 19.604).

Koin pertama yang dilelang merupakan solidus emas yang mungkin dibuat pada tahun 680-an atau 60-an. Koin ini adalah adalah koin emas pertama yang dikeluarkan oleh Umat Muslim, yang telah merebut sebagian besar Kekaisaran Bizantium termasuk Suriah, Yordania, Lebanon, dan Mesir. Koin ini akan dilelang di kisaran harga £ 60.000-80.000 atau sekitar Rp 1,17-1,56 miliar,

"Orang-orang yang tinggal di provinsi-provinsi tersebut telah menggunakan koin emas itu selama berabad-abad," jelas Lloyd.

Koin kedua yang akan dilelang adalah drachm perak yang diberi julukan 'Standing Caliph' yang beredar pada masa ke-khalifahan Arab-Sasanian. Disebut demikian karena menunjukkan sosok Khalifah yang berdiri dengan pedang di tangan menghadirkan ekspresi yang mencolok dari kekuatan Islam,

Koin tersebut sangat langka dan kemungkinan besar ditemukan di Damaskus pada masa pemerintahan Khalifah Abd al-Malik. Koin tersebut akan dilelang di kisaran £ 150.000-200.000 atau sekitar Rp 2,94-3,92 miliar.

Koin ketiga ialah seri Arab-Sasanian, drachm 'Mihrab dan' Anaza '. Koin perak tersebut merupakan salah satu barang langka terbesar dan paling dicari dari jenisnya. Koin tersebut akan dilelang di kisaran £ 100.000-120.000 atau sekitar Rp 1,96-2,35 miliar.

Buka halaman selanjutnya untuk tahu lebih banyak.



Simak Video "Mau Dibeli Elon Musk, Doge Melejit Sampai Trending"
[Gambas:Video 20detik]