BUMN Buka Suara soal Restrukturisasi hingga Pembubaran Jiwasraya

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 01 Sep 2020 18:41 WIB
Kantor Pusat Jiwasraya
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga buka suara soal wacana pembubaran PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Arya mengatakan pembubaran itu salah satu opsi yang sedang dibahas di Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR dalam rangka penyehatan Jiwasraya.

"Pembubaran Jiwasraya kan menjadi salah satu alternatif ketika diserahkan di Panja Komisi VI," ungkap Arya, Selasa (1/9/2020).

Dia menerangkan, dalam opsi tersebut nantinya akan dibentuk perusahaan baru yang disebut NewCo. Perusahaan baru ini akan mengurus nasabah-nasabah Jiwasraya.

"NewCo adalah badan BUMN yang nantinya mengatur atau mengurus juga bisnisnya asuransi. Jadi sesuai dengan mekanisme yang ada yang pernah dibicarakan di Panja Komisi VI. Nanti nasabah-nasabah Jiwasraya akan dikelola dari NewCo ini," katanya.

Sementara itu, proses restrukturisasi Jiwasraya juga telah berjalan. Dalam restrukturisasi ini, Jiwasraya memberikan penawaran tingkat pengembalian (return) yang wajar kepada nasabah. Dia mengatakan, restrukturisasi dilakukan secara bertahap dimulai dari nasabah-nasabah korporasi. Kemudian, akan dilanjutkan pada nasabah-nasabah perorangan.

"Opsi penawaran bunga itu sudah dilakukan memang dengan perusahaan-perusahaan korporasi dulu yang menjadi kliennya Jiwasraya. Dia kan bertahap ya nanti dari klien-klien Jiwasraya yang korporasi baru nanti turun nasabah-nasabah yang perorangan," katanya.



Simak Video "2 Terpidana Kasus Jiwasraya Akan Jalani Hukuman Bui Seumur Hidup"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)