China Mau Ganti Uang Cash Dengan Uang Digital?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 15 Sep 2020 20:00 WIB
Uang Digital China
Foto: Dok. South China Morning Post
Jakarta -

China berencana untuk mengganti uang cash dengan mata uang digital. People bank of China (PBOC) sudah melakukan pengujian uang digital ini untuk pembayaran.

Namun PBOC belum memberikan penjelasan lengkap terkait cara kerja mata uang digital ini. Namun banyak warga China yang sudah mengunduh dompet digital ini dan melakukan penyetoran uang dari rekening bank mereka.

Walaupun belum ada jadwal peluncuran, pemerintah China saat ini telah memperpanjang pengujian uang digital termasuk di Beijing dan Hong Kong pada Agustus lalu.

Pengujian ini misalnya mengonversi uang tunai dan uang digital, memeriksa saldo, pembayaran hingga pengiriman uang.

Jika pengujian sudah matang, PBOC mengharapkan peluncuran resmi bisa segera dilakukan. Mengutip elitereader disebutkan pula tidak seperti kartu kredit dan layanan bayar lainnya, negara akan bertanggung jawab atas yuan digital ini.

Los Angeles Times menyebutkan survei menunjukkan jika mayoritas bank sentral di dunia kini mulai menjajaki mata uang digital. Hal ini karena pemerintah China terus meningkatkan kualitas sistem pembayaran ke arah digital, bukan tidak mungkin negara lain akan berguru kepada China tentang teknologi keuangan ini.



Simak Video "Nekat Cetak Uang Palsu, Suami-Istri di Boyolali Ditangkap!"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)