HUT Ke-75, KAI Kenalkan Railpoint & Sistem Pembayaran Digital Baru

Yudistira Imandiar - detikFinance
Jumat, 25 Sep 2020 20:49 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkenalkan program loyalitas Railpoint, dan sistem pembayaran dan layanan digital terintegrasi dengan Bank Mandiri.
Foto: Dok. KAI
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (Persero) memperkenalkan program loyalitas Railpoint, dan sistem pembayaran dan layanan digital terintegrasi dengan Bank Mandiri secara bersamaan. Pengenalan dua item terkait pelayanan itu dilakukan dalam rangkaian HUT ke-75 KA yang diperingati tanggal 28 September.

Pengenalan program Loyalitas Railpoint dan kolaborasi layanan digital dengan Bank Mandiri tersebut dilakukan di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat oleh Direktur Niaga KAI Maqin U. Norhadi.

"Program loyalitas Railpoint kami perkenalkan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan memberikan berbagai benefit yang ada. Program ini bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara KAI dan pelanggan," jelas Maqin melalui keterangan tertulis, Jumat (25/9/2020).

Dalam program Railpoint, setiap transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh, mulai dari Rp 50.000 akan mendapatkan poin sebesar 10 poin dan berlaku kelipatan dengan pembulatan ke bawah.


Untuk mendapatkan poin, pelanggan diharuskan mengunduh atau meng-update aplikasi KAI Access ke versi 4.3.8 dan mendaftar menjadi member melalui situs kai.id atau aplikasi KAI Access.

Railpoint yang sudah dikumpulkan dapat ditukar dengan tiket KA Komersial ataupun produk dari merchant lain yang bekerja sama dengan KAI. Khusus transaksi pembelian tiket KA Jarak Jauh Komersial yang dilakukan pada 28 September s.d 4 Oktober 2020 melalui aplikasi KAI Access, akan mendapatkan poin 2 kali lipat.

Maqin memaparkan, program loyalitas ini merupakan upaya berkelanjutan KAI untuk memberikan nilai tambah bagi para pelanggan, khususnya pengguna aplikasi KAI Access yang sudah mencapai 4,5 juta. Adapun Grand Launching program loyalitas Railpoint akan dilakukan bertepatan pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-75 KAI yaitu 28 September 2020.

"Kami ingin menunjukkan apresiasi atas dukungan dan kesetiaan para pelanggan terhadap moda transportasi kereta api," imbuh Maqin.

Kartu COMMUTERPAY

KAI juga berkolaborasi dengan Bank Mandiri menghadirkan kartu COMMUTERPAY yang bisa dibeli mulai 25 September 2020, di loket Stasiun Bogor, Cikarang, Cilebut, Cikini, Palmerah, Sudirman, Taman Kota, Universitas Indonesia dan Juanda. Seribu pembeli pertama kartu COMMUTERPAY akan mendapat diskon 25 persen.

Kartu COMMUTERPAY merupakan Kartu Co-Branding e-Money antara Bank Mandiri dan KAI. Kartu tersebut dapat digunakan untuk pembayaran transportasi, belanja di toko ritel.

"Kehadiran kartu COMMUTERPAY ini akan memberikan kemudahan para pengguna KRL sehingga tidak perlu mengantre untuk membeli Tiket Harian Berjaminan di Loket," sebut Maqin.

Ia menambahkan, pembayaran cashless juga akan memperkecil risiko penularan COVID-19 pada transportasi KRL.

Untuk kemudahan pelanggan, akan ditempatkan Vending Machine di beberapa Stasiun KRL yang dapat digunakan untuk membeli dan top up kartu emoney dan kartu COMMUTERPAY. Selain itu akan ditempatkan juga mesin cek dan update saldo e-Money di beberapa stasiun.

Pembayaran menggunakan QRIS di KAI Access

Direktur Bisnis dan Jaringan Bank Mandiri Aquarius Rudianto menambahkan, kolaborasi Bank Mandiri dengan KAI juga meliputi penyediaan metode pembayaran baru pembelian tiket KA di aplikasi KAI Access. Pembayaran kini dapat menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard.

"Pembayaran dengan metode QRIS di KAI Access bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kepraktisan, karena QRIS tersebut dapat digunakan di seluruh aplikasi dompet digital yang sudah menerapkan QRIS di aplikasinya," ulas Aquarius.

Untuk menggunakan QRIS, pada tahap pembayaran pelanggan cukup memilih metode pembayaran QRIS kemudian klik download QRIS untuk menyimpan gambar QR. Selanjutnya, upload gambar QRIS yang sudah di-download sebelumnya di aplikasi dompet digital, transaksi pun selesai.

"Dengan adanya kemudahan pembayaran menggunakan QRIS ini, diharapkan dapat semakin meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," imbuh Aquarius.

Maqin menambahkan, masyarakat juga bisa menikmati Program Promo Cashback 30% bagi pengguna LinkAja yang membeli tiket KA Lokal dengan metode pembayaran QRIS dan LinkAja di aplikasi KAI Access. Program promo tersebut berlaku mulai tanggal 25-30 September 2020 dengan kuota sebanyak 2.000 pembelian pertama per hari. Cashback LinkAja maksimal yang diberikan Rp3.000.

"Kolaborasi KAI dan Bank Mandiri ini untuk meningkatkan fitur layanan pembayaran digital tiket kereta api. Semoga dengan hadirnya layanan terbaru ini akan semakin mempermudah pelanggan serta memberikan nilai tambah bagi kedua perusahaan," timpal Maqin.

(akn/hns)