Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf, Bunga KUR Turun Jadi 6%

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 20 Okt 2020 09:00 WIB
kredit
Foto: shutterstock
Jakarta -

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin sudah satu tahun. Ada sejumlah capaian di sektor keuangan yang sudah terealisasi.

Misalnya untuk mendukung usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pemerintahan Jokowi pada akhir 2019 memutuskan untuk menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari 7% menjadi 6% pada 2020.

Dalam catatan detikcom, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bunga KUR ini bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan, sesuai dengan visi misi pemerintah yang pro rakyat.

Selain bunga, plafon KUR juga naik menjadi Rp 190 triliun dari sebelumnya hanya Rp 140 triliun. Untuk KUR mikro plafonnya naik menjadi Rp 50 juta per debitur dari sebelumnya Rp 25 juta.

Sementara itu untuk plafon KUR perdagangan yang semula Rp 100 juta naik menjadi 200 juta. Kemudian untuk kUR mikro sektor produksi tidak dibatasi plafon.

Pemerintah sendiri menargetkan pada 2024 penyaluran KUR bisa mencapai Rp 325 triliun.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengungkapkan pemerintah menggenjot penyaluran KUR bagi sektor produksi seperti perikanan, perkebunan, peternakan dan mengembangkan sektor pariwisata.

Selanjutnya
Halaman
1 2