Catat Nih! Ini Tips Aman Agar Terhindar Penipuan OneKlik

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 03 Nov 2020 14:57 WIB
Young Asian female tourist woman using a mobile phone in Bangkok, Thailand. Calling a cab or finding information during traveling concept
Foto: iStock
Jakarta -

Penipuan di online shop masih kerap terjadi. Misalnya barang tidak dikirim setelah transfer hingga yang paling terbaru adalah penipuan menggunakan OneKlik.

Biasanya penipu ini akan meminta nomor kartu penjual dan akan mengirimkan kode OTP ke nomor handphone penjual. Nah jika penjual memberikan kode OTP dan nomor kartu ini, maka uang yang ada di rekening akan terkuras. Lalu bagaimana supaya terhindar dari modus ini?

Mengutip laman resmi BCA disebutkan jangan pernah memberikan kepada siapapun nomor kartu ATM. Termasuk kode OTP yang masuk ke nomor handphone.

"Jangan pernah memberitahu sekalipun yang mengaku dari lembaga resmi atau dari calon pembeli online," tulis informasi tersebut, Selasa (3/11/2020).

Kemudian disebutkan nomor kartu ATM dan kode OTP merupakan data pribadi yang harus dijaga dan tidak boleh diberikan kepada siapapun dengan alasan apapun.

"Apalagi yang namanya transfer, tidak ada jenis pembayaran transfer dengan meminta nomor kartu ATM dan kode OTP. Itu pasti modus penipuan," jelasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2