Deretan Kasus Pembobolan Bank di Indonesia yang Bikin Heboh

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 08 Nov 2020 10:54 WIB
Pengembalian Uang Korupsi Samadikun

Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Toni Spontana (tengah) menyerahkan secara simbolis kepada Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto (ketiga kanan) uang ganti rugi korupsi Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI) dengan terpidana Samadikun Hartono di Gedung Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (17/5/2018). Mantan Komisaris Utama PT Bank Modern Samadikun Hartono terbukti korupsi dana talangan BLBI dan dihukum 4 tahun penjara serta diwajibkan mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 169 miliar secara dicicil. Grandyos Zafna/detikcom

-. Petugas merapihkan tumpukan uang milik terpidana kasus korupsi BLBI Samadikun di Plaza Bank Mandiri.
Foto: grandyos zafna
Jakarta -

Jagat perbankan Indonesia kembali dihebohkan dengan kasus pembobolan uang nasabah oleh oknum. Kali ini kasus itu menimpa PT Maybank Indonesia Tbk.

Kasus ini terkuak ketika tabungan Atlet eSport Winda Lunardi dan ibunya, Floleta sebesar Rp 20 miliar ditilap oleh oknum yang merupakan Kacab Maybank.

Kasus fraud semacam itu sebenarnya sering terjadi di dunia perbankan Indonesia. Besaran uang yang ditilap juga bermacam-macam, dari jutaan hingga triliunan rupiah. Berikut rangkuman detikcom:

1. Malinda Dee

Masih ingat dengan Malinda Dee? Wanita dengan nama asli Inong Malinda itu terbukti membobol dana nasabah di bank tempatnya bekerja, Citibank.

Kasus ini terkuat pada 2011 lalu. Menurut Jaksa, Malinda melakukan 117 transaksi pemindahan dana tanpa izin dan sepengetahuan pemilik rekening. Dengan total dana yang ditilap Malinda mencapai Rp 46,1 miliar lebih.

Transaksi tersebut terdiri atas 64 transaksi dalam rupiah, dengan nilai Rp 27.369.065.650 dan 53 transaksi dalam dolar AS dengan nilai US$ 2.082.427.

Pada 3 Maret 2012, Malinda Dee divonis 8 tahun penjara dan denda Rp 10 miliar subsider 3 bulan kurungan dalam kasus tindak pidana perbankan pencucian uang.



Simak Video "Uang Tabungan Nasabah Rp 20 Miliar Raib Misterius"
[Gambas:Video 20detik]