Garudafood Dapat Kredit Rp 2,6 T dari Bank DBS, Untuk Apa Saja?

Faidah Umu Safuroh - detikFinance
Kamis, 10 Des 2020 13:38 WIB
DBS Bank Tower, Ciputra World 1, Jl Satrio, Jakarta
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Di masa pandemi ini, PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) mendukung nasabah korporasi untuk memajukan bisnis mereka. Salah satu bentuk dukungan Bank DBS yaitu memberikan pembiayaan kredit sindikasi sebesar Rp 2,6 triliun ke PT Garudafood.

Kredit pembiayaan itu digunakan untuk mendukung proses akuisisi PT Mulia Boga Raya Tbk oleh Garudafood. Corporate Banking Director Bank DBS Indonesia Kunardy Lie mengatakan dukungan Bank DBS untuk nasabah korporasi di masa pandemi ini bertujuan untuk membantu nasabah memajukan bisnis sekaligus membantu pemulihan ekonomi Indonesia.

"Di tahun 2020 ini, kita memberikan Rp 2,6 triliun financing untuk akuisisi selama 5 tahun. Jadi walaupun di masa pandemi ini Garudafood menghadapi fight, dan kita Bank DBS memberikan support kepada Garudafood," ucap Kunardy dalam sebuah talkshow yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (10/12/2020).

Ia berujar dengan membantu perusahaan-perusahaan baik perusahaan besar maupun UMKM, maka akan membantu memulihkan perekonomian nasional. Sebab, lanjutnya, bisnis mereka akan berkembang. Dengan begitu penyerapan tenaga kerja bagi masyarakat Indonesia pun akan bertambah.

"Kita membantu dalam perputaran ekonomi caranya dengan menyalurkan kredit ke perusahaan-perusahaan besar maupun kecil menengah, supaya usaha mereka berkembang dengan begitu juga akan menyerap tenaga kerja untuk masyarakat kita, dan pada ujungnya bisa menggerakan roda ekonomi kita," tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Director PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk Paulus Tedjo Sutikno mengucapkan terima kasih kepada Bank DBS yang telah membantu perusahaan mengakuisisi perusahaan Mulia Boga Raya melalui kredit pembiayaan. Menurutnya, saat berdiskusi mengenai proses akuisisi ini, Bank DBS memberikan respons yang sangat positif dan cepat.

"Tahun ini kami memiliki kebutuhan yaitu akuisisi, dan DBS memiliki peran yang sangat besar dalam mendukung Garudafood. Jadi Garudafood memiliki peluang mengambil alih saham 55% di PT Mulia Boga Raya Tbk. atau dikenal dengan produk kejunya merek Prochiz. Ketika kami mendapatkan peluang ini, kami pun mencari pendanaan untuk membiayai transaksi tersebut. Di sini peran DBS sangat banyak, tim DBS memberikan respons yang sangat positif dan sangat cepat," ujarnya.

Dukungan Bank DBS tersebut pun sangat dihargai oleh Garudafood. Terlebih kerja sama antara Bank DBS dan Garudafood sudah terjalin cukup lama yakni sejak 2006 silam. Paulus juga mengatakan ada banyak solusi yang diberikan Bank DBS dan sudah dimanfaatkan untuk membantu operasional perusahaan.

"Kami sangat menghargai dukungan dari DBS karena Bank DBS terus mendukung dan pada saat yang bersamaan memberikan kepercayaan kepada Garudafood. Bank DBS juga memiliki solusi berupa digital banking, itu juga sudah kami manfaatkan dan sangat membantu dari sisi operasional," pungkasnya.

(akn/hns)