Esta Dana Ventura Pastikan Pinjaman UMKM dengan Pengelolaan yang Baik

Content Promotion - detikFinance
Sabtu, 26 Des 2020 19:22 WIB
UMKM
Foto: dok. East Dana Ventura
Jakarta -

Sejalan dengan tujuan BPUM untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional dan membantu usaha mikro yang sangat terdampak pada masa pandemi ini, Esta Dana Ventura berinisiatif mengusulkan semua nasabah yang masuk kriteria program untuk bisa mendapatkan program BPUM. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu kegiatan usaha membaik dan roda perekonomian dapat terus berjalan.

Esta Dana Ventura sebagai lembaga pembiayaan usaha produktif, berfokus pada segmen UMKM, dan sudah memiliki izin dari OJK No. KEP-8/D.05/2015. Sebagai lembaga pembiayaan berizin OJK, Esta Dana Ventura masuk kategori sebagai lembaga pengusul BPUM sesuai peraturan yang berlaku, selalu menerapkan prinsip tata kelola yang baik dalam memberikan layanan pembiayaan modal untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Dari total nasabah yang diajukan akhirnya sebagian dari nasabah Esta Dana Ventura mendapatkan persetujuan untuk menerima program BPUM. Kami selalu melakukan proses seleksi dan verifikasi yang sangat ketat dari Kementerian Koperasi dan UKM sesuai ketentuan Peraturan Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah No. 6 Tahun 2020," ujar Rony Harianto, Direktur Utama Esta Dana Ventura dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/12/2020).

Tugas Esta Dana Ventura sebagai lembaga pengusul bertanggung jawab untuk melakukan verifikasi ulang data calon penerima program ini guna memastikan diterima secara tepat sasaran. Di dalam proses pencairan tidak ada pemotongan biaya dalam bentuk apapun termasuk biaya pembuatan rekening.

Bantuan hibah untuk pelaku usaha mikro yang memenuhi syarat kemudian diberikan secara langsung ke rekening masing-masing. Nilai bantuan sebesar Rp 2,4 juta diberikan melalui bank penyalur yaitu Bank BRI, Bank BNI, dan Bank BNI Syariah.

Dana yang diterima secara langsung oleh nasabah, menjadi hak mereka untuk mengelola. Namun, sesuai anjuran pemerintah, bantuan tersebut bisa digunakan secara efektif untuk mengembangkan kembali kegiatan usaha yang terdampak pandemi COVID-19, seperti penambahan barang dagangan, pembelian bahan baku serta peralatan kerja.

"Termasuk ada juga nasabah yang menggunakan dana tersebut untuk melakukan kewajiban pembayaran angsuran untuk menjaga kepercayaan guna mendapatkan pinjaman modal kembali dari Esta Dana Ventura ke depannya," kata Rony.

Di masa pandemi ini, Esta Dana Ventura tetap berkomitmen memberikan tambahan dana modal kerja kepada nasabah yang membutuhkan antara Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 juta per nasabah guna membantu usaha nasabah tetap bisa bertahan. Berdasarkan data internal, tambahan modal telah diberikan kepada 335 pelaku usaha mikro di Boltim, 2.824 di Sulut, dan 36.380 pelaku usaha mikro secara nasional

Variasi Produk Pinjaman Esta Dana Venture

Variasi produk pinjaman modal usaha mikro yang disediakan Esta Dana Ventura berupa pembiayaan dari Rp 1,5 juta sampai dengan Rp5 juta. Pengembalian pinjaman didasarkan pada pola bayar 2 mingguan dengan jangka waktu 25 x pembayaran, dan mingguan dengan jangka waktu 20 x dan 40 x pembayaran.

Bunga Pembiayaan Esta Dana Ventura berkisar 3% sampai dengan 4% per bulan dan cukup kompetitif dibandingkan dengan produk lembaga pembiayaan sejenis yang ada di pasar. Dalam pembiayaan, diterapkan adanya Uang Tanggung Jawab dengan besaran Rp 200 ribu sampai dengan Rp 700 ribu yang akan disimpan dan akan dikembalikan seluruhnya kepada nasabah apabila semua kewajiban telah terselesaikan.

"Semua produk Esta Dana Ventura telah mengacu pada prinsip tata kelola yang baik, transparan sesuai yang diwajibkan oleh OJK, dan tentu saja di awal telah terjadi kesepakatan kedua belah pihak antara nasabah dan Esta Dana Ventura," ujar Rony.

(ads/ads)