17 Tahun di Indonesia, Ini Sederet Transformasi dari AXA Mandiri

Erika Dyah - detikFinance
Kamis, 31 Des 2020 16:04 WIB
AXA Mandiri
Foto: AXA Mandiri
Jakarta -

PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) telah 17 tahun beroperasi di Indonesia pada tanggal 10 Desember 2020. AXA Mandiri telah menyediakan perlindungan bagi lebih dari 4 juta masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo G. Kusuma menjelaskan perjalanan serta transformasi yang dilakukan AXA Mandiri dalam menyediakan perlindungan sejak tahun 2003.

"17 tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk perjalanan perusahaan asuransi. Namun demikian, kami terus yakin untuk membawa AXA Mandiri menjadi asuransi nomor satu di Indonesia. Tidak hanya fokus pada solusi perlindungan jiwa dan kesehatan, namun juga terus memberikan layanan berstandar tinggi, yang merupakan komitmen kami dalam melindungi apa yang terpenting bagi nasabah kami. Hal tersebut kami wujudkan dengan terus berinovasi dan bertransformasi untuk dapat menjawab tantangan masa depan dan memenuhi kebutuhan perlindungan masyarakat", ujar Handojo dalam keterangan tertulis, Kamis (31/12/2020).

Selama 17 tahun beroperasi, AXA Mandiri telah melakukan sederet langkah dalam menyediakan asuransi perlindungan di Indonesia, di antaranya sebagai berikut.

1. Transformasi digital untuk menjadi mitra di setiap tahap kehidupan nasabah

Berkat dukungan para pemegang saham yaitu Bank Mandiri dan AXA Group, AXA Mandiri terus mengembangkan eksistensi di industri jiwa Tanah Air dengan memperbanyak pilihan solusi perlindungan. Selain Bancassurance, AXA Mandiri menyediakan berbagai kanal distribusi seperti Telemarketing, Corporate Solution, hingga menyediakan solusi perlindungan berbasis Syariah dan dana pensiun (DPLK AXA Mandiri) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Transformasi AXA Mandiri memanfaatkan data analitik untuk dapat memahami nasabah dengan baik dalam menyediakan solusi perlindungan yang disesuaikan dengan kebutuhan di setiap tahap kehidupan.

"Salah satu transformasi AXA Mandiri adalah dengan hadirnya Perfect Series (Perfect Solution, Perfect Partner, & Perfect Assistant) yang menghadirkan pengalaman akses 24/7 kepada nasabah dan juga tenaga pemasar untuk terus berinteraksi dengan AXA Mandiri. Nasabah dapat mengetahui kebutuhan perlindungan dan mengecek polis, hingga mengajukan klaim secara online. Dengan demikian, kami dapat memberikan pengalaman berasuransi yang lebih baik, nasabah lebih mudah dan nyaman untuk selalu terhubung dengan kami, serta mengakses segala informasi mengenai polisnya kapan dan di mana saja", jelas Handojo.

Percepatan transformasi digital dilakukan oleh AXA Mandiri dengan memaksimalkan teknologi digital guna memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah, meningkatkan efisiensi, sekaligus menanggapi perubahan dalam gaya hidup masyarakat selama masa pandemi COVID-19.

Sebelum Perfect Series tersedia, AXA Mandiri telah memberikan kemudahan bagi nasabah dalam menerima polis asuransinya melalui email (e-policy), hingga fasilitas Easy Claim kesehatan melalui aplikasi pesan.

2. Menjaga Kualitas Layanan dan Tenaga Pemasar untuk Pelayanan Terbaik

AXA Mandiri memastikan pelayanan terbaik dan berkualitas sebagai prioritas. Untuk mengakomodir kebutuhan nasabah di seluruh penjuru negeri, berbagai kanal disediakan mulai dari kantor layanan nasabah di beberapa kota besar di Indonesia, email, contact center, live chat, hingga portal nasabah (Perfect Partner).

Dukungan juga diberikan pada tenaga pemasar atau Financial Advisor (FA) untuk dapat memberi pelayanan terbaik. Melalui aplikasi mobile Perfect Solution, FA dapat memahami solusi perlindungan dan merekomendasikannya kepada nasabah. AXA Mandiri secara konsisten memberi pelatihan dan pembekalan pengetahuan, serta mengurus izin dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) untuk membangun kapabilitas para FA.

"Menjadi seorang mitra berarti mengenal nasabah kami dengan sangat baik dan memiliki interaksi yang lebih bermakna dengan mereka. Kami percaya bahwa dengan memberikan sentuhan humanis dalam berteknologi seperti yang FA kami lakukan saat ini, dapat meningkatkan kepercayaan nasabah dan memberikan mereka keyakinan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik, lebih aman dan lebih sehat," pungkas Handojo.

3. Kontribusi Pada Negeri

AXA Mandiri menyediakan berbagai solusi untuk menghadapi risiko hidup dan membuat perencanaan keuangan jangka panjang. Solusi perlindungan AXA Mandiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari yang berstatus lajang, berkeluarga, hingga untuk perencanaan hari tua. AXA Mandiri menjangkau berbagai segmen masyarakat, mulai yang mikro hingga bagi mereka yang mapan atau butuh diversifikasi aset.

Salah satu produk yang baru diluncurkan AXA Mandiri adalah Mandiri International Medical Care (MIMC). Produk ini memberi perlindungan kesehatan komprehensif di dalam maupun luar negeri, termasuk untuk penyakit kritis.

AXA berkontribusi pada negeri dengan mengadakan kegiatan edukasi asuransi pada rekan-rekan media, mengadakan webinar mengenai UMKM, juga secara berkesinambungan melakukan berbagai kegiatan CSR.

Di masa pandemi COVID-19, AXA memberikan perlindungan jiwa hingga Rp1 triliun kepada 35.000 tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan COVID-19. Pihaknya juga bermitra dengan fund101 memberi donasi pada lebih dari 1.200 unit perawatan intensif di lebih dari 60 negara termasuk Indonesia. Bersama Bank Mandiri, AXA Mandiri menyalurkan donasi dalam bentuk paket sembako, alat pelindung diri (APD), dan uang tunai digital kepada masyarakat terdampak pandemi.

"Berbagai transformasi dan aksi dari perusahaan ini akan memampukan kami untuk mewujudkan visi dan misi, serta menjadi mitra sejati bagi masyarakat Indonesia termasuk keluarga dan orang-orang terdekat mereka. Sebagai bagian dari perusahaan asuransi bereputasi global dan anak usaha Bank Mandiri, kami akan terus maju, menghadirkan inovasi yang menginspirasi demi kemajuan bangsa," tutup Handojo.

(mul/mpr)

Tag Terpopuler