3 Fakta Menarik Mata Uang Kripto Saingan Bitcoin

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 04 Jan 2021 20:00 WIB
Dogecoin
Foto: The Independent
Jakarta -

Nilai tukar mata uang kripto Dogecoin alias DOGE meningkat drastis dalam kurun waktu setahun terakhir. Apabila dihitung selama beberapa hari terakhir saja, kenaikan harganya mencapai 150%. DOGE bisa saja jadi pesaing baru Bitcoin.

Bila dihitung tahunan, harga DOGE naik 592%. Perlu dicatat, harga DOGE pada Januari 2020 masih Rp28 dan saat ini melambung menjadi Rp 194.
Berikut ini 3 fakta menarik soal Dogecoin.

1. Dipopulerkan oleh Elon Musk

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, kenaikan harga DOGE didorong oleh permintaan yang meningkat setelah CEO Tesla Elon Musk menyatakan bahwa DOGE adalah aset kripto favoritnya.

"Elon Musk menyatakan DOGE adalah aset kripto favoritnya di Twitter. Orang-orang melihat itu kemudian mereka membeli DOGE. Karena permintaannya masif, tentu berpengaruh terhadap harganya," kata Oscar, Minggu (3/1/2020).

Cuitan paling populer ditulisnya pada 20 Desember 2020. Elon Musk mengatakan, "One Word: DOGE". Cuitan itu ikut mengangkat harga DOGE di pasaran.

2. Favorit Trader Indonesia

Oscar menambahkan, DOGE merupakan salah satu aset kripto favorit di seluruh dunia termasuk di Indonesia, seperti di market Indodax. Di Coinmarketcap.com, rating DOGE berada di urutan ke-26. Market cap DOGE sendiri mencapai US$ 1,27 miliar.

Namun, kenaikan harga DOGE bukan hanya karena faktor Elon Musk saja, tetapi juga didorong meningkatnya harga Bitcoin. Perlu dicatat, DOGE merupakan salah satu jenis altcoin yang merupakan turunan dari teknologi Bitcoin.

Di Indonesia sendiri transaksi jual beli dogecoin tercatat dalam beberapa hari terakhir transaksi melebihi volume Rp 100 miliar seharinya dan menjadi salah satu aset mata uang kripto terfavorit yang dibeli komunitas trader di Indonesia.

3. Berawal dari Sebuah Candaan

Dogecoin sendiri awal penciptaannya dari sebuah candaan dari komunitas kripto dengan membuat kripto dengan icon logo Anjing Shiba Inu yang akhirnya sekarang menjadi sebuah komunitas mata uang kripto yang besar.

Dengan meningkatnya harga DOGE ini menandakan bahwa aset kripto bukan hanya Bitcoin saja. Masih banyak aset kripto lainnya yang menunjukan performa fantastis seperti Ethereum dan DOGE maupun coin lainnya.

(das/das)