BI Masih Sediakan Uang Logam Berbahan Emas?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 14:59 WIB
Bank Indonesia tak hanya menerbitkan uang kertas namun juga uang logam dengan berbagai pecahan. Seperti apa bentuknya?
Foto: Dok. Bank Indonesia
Jakarta -

Uang rupiah logam berbahan emas pernah diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) sebagai uang khusus. Ada sejumlah pecahan yang diterbitkan dengan peringatan yang berbeda-beda.

Mulai dari uang pecahan logam bergambar komodo sampai bergambar Presiden Soeharto. Apakah uang ini masih bisa didapatkan oleh masyarakat?

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan uang berbahan emas masuk dalam commemorative coins.

"Yang dicetak dalam jumlah terbatas. (Uang logam) Dibuat dari bahan emas dan sekarang sudah tidak tersedia lagi di BI," kata dia saat dihubungi detikcom, Selasa (12/1/2021).

Sebelumnya dari koleksi Museum Bank Indonesia (MBI) disebutkan ada uang logam pecahan Rp 125.000 yang menggunakan bahan dasar emas seberat 8 gram. Uang pecahan ini diterbitkan dalam rangka memperingati perjuangan angkatan 45.

Kemudian ada juga uang logam berbahan emas seberat 45 gram dengan pecahan Rp 750.000. Bank sentral juga pernah menerbitkan uang pecahan Rp 250.000 dengan bahan emas seberat 17 gram.

Selanjutnya ada juga uang logam pecahan Rp 100.000 dengan bahan dasar emas seberat 33,437 gram yang bergambar Komodo dan Garuda Pancasila.

(kil/fdl)