Dikabarkan Caplok Bank KSE, Induk Shopee Bikin Bank Digital?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Selasa, 12 Jan 2021 17:18 WIB
kantor shopee
Foto: Moch Prima Fauzi/detikINET
Jakarta -

Perusahaan induk e-commerce Shopee, Sea Limited (Sea Group) dikabarkan menjadi pemegang saham Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE). Sebuah bank yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Dilansir dari KrASIA, Selasa (12/1/2021) kabarnya Sea Group kemungkinan besar mengakuisisi BKE untuk membangun bisnis perbankannya sendiri, yang berupa bisnis perbankan digital.

Apalagi pada awal Desember, Sea Group baru saja diberikan lisensi perbankan penuh digital di Singapura. Lisensi itu didapatkan bersama dengan konsorsium Grab-Singtel.

Indonesi, sebagai negara dengan kapasitas ekonomi terbesar di Asia Tenggara juga menjadi target pasar fintech dan perbankan digital.

Laporan KrASIA mengatakan pada situs karir Shopee terlihat perusahaan saat ini sedang melakukan perekrutan tim lokal untuk ditempatkan di SeaMoney Bank yang disebut terletak di Jakarta dan Bandung.

Kesempatan karir yang dibuka mencakup peran manajemen bakat, pajak, dan manajemen hubungan pendanaan. Kemudian Bank BKE juga disebut di dalam informasi lowongan kerja tersebut.

Bank BKE disebut sebagai bagian dari Sea Group, lowongan yang dibuka nantinya disebut untuk mengisi posisi di kantor bank BKE.

"SeaMoney - Bank BKE (bagian dari Sea Group), berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat," bunyi informasi lowongan kerja tersebut.

Sea Group sendiri menolak berkomentar tentang pembukaan perekrutan di Jakarta dan Bandung itu untuk apa. Sementara itu, pada situs Bank BKE dijelaskan bank tersebut telah didirikan pada tahun 1992, dan hampir 95% sahamnya dimiliki oleh perusahaan bernama Danadipa Artha Indonesia.

Informasi publik mengenai pemegang saham memang masih minim, namun Danadipa Artha Indonesia memiliki satu direktur bernama Intan Apriadi. Dari profil LinkedIn-nya, Intan juga menjelaskan dirinya menjabat sebagai komisaris pada perusahaan Lentera Dana Nusantara.

Bila ditelusuri lebih lanjut, Lentera Dana Nusantara adalah perusahaan fintech yang mengoperasikan ShopeePay Later. Sea Group kemungkinan besar memiliki sambungan langsung ke Bank BKE melalui Danadipa Artha Indonesia.

(hns/hns)