4 Arahan Jokowi ke Bank Syariah Terbesar RI yang Baru Berdiri

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 01 Feb 2021 16:37 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk PT Bank Syariah Indonesia Tbk. Setidaknya, ada empat arahan yang disampaikan Jokowi untuk bank yang baru berdiri tersebut.

Pertama, Jokowi ingin Bank Syariah Indonesia terbuka. Menurut Jokowi, bank tersebut harus menjangkau lebih banyak masyarakat di Tanah Air.

"Bank Syariah Indonesia harus benar-benar menjadi bank syariah yang universal artinya harus terbuka, harus inklusif, harus menyambut baik siapa saja yang menjadi nasabah agar menjangkau lebih banyak masyarakat di Tanah Air," kata Jokowi, Senin (1/2/2021).

"Jadi jangan berpikir Bank Syariah Indonesia ini hanya untuk umat muslim saja, yang non muslim pun juga harus diterima dan disambut baik menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia," sambungnya.

Kedua, Jokowi meminta Bank Syariah Indonesia memaksimalkan penggunaan teknologi. Hal ini untuk menjangkau masyarakat yang selama ini belum tersentuh layanan lembaga keuangan.

Ketiga, Jokowi meminta Bank Syariah Indonesia agar menarik milenial. Dia bilang, jumlah generasi milenial saat ini mencapai 25,87% dari total penduduk Indonesia.

"Bank Syariah Indonesia harus menarik minat generasi muda milenial untuk menjadi nasabah, karena jumlah generanasi muda milenial Indonesia saat ini mencapai 25,87% dari total 270 juta penduduk Indonesia," ujarnya.

Terakhir, Jokowi meminta Bank Syariah Indonesia memiliki produk dan layanan keuangan yang kompetitif, harus bisa melayani berbagai segmen mulai dari UMKM, korporasi dan ritel.

"Dan mampu memfasilitasi nasabah agar cepat naik kelas dan menjadi tulang punggung ekonomi negara kita, Indonesia," ujarnya.

(acd/zlf)