DPR Rapat Bareng Bos-bos Bank BUMN Bahas Pemulihan Ekonomi

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 02 Feb 2021 12:15 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Komisi XI DPR RI hari ini melaksanakan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Direktur Utama (Dirut) PT BRI (Persero) Tbk Sunarso dan PLT Dirut PT BTN (Persero) Tbk Nixon L.P. Napitupulu.

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga sekitar pukul 11.00 WIB. RDP hari ini terkait dengan kondisi sektor perbankan tahun 2020 dan keberlanjutan program pemulihan ekonomi nasional di 2021.

"Kita ketahui pandemi COVID-19 telah melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 yang mengakibatkan perekonomian Indonesia terkena dampaknya dan mulai melambat," kata Eriko mengawal RDP, Selasa (2/2/2021).

Komisi XI memandang mitigasi risiko perlu dilakukan secara cermat terhadap dampak dari pandemi COVID-19, dan atas faktor ketidakpastian kapan berakhirnya pandemi dibutuhkan kebijakan yang kuat dalam rangka akselerasi pemulihan ekonomi nasional

Sebagai bagian penting dari sistem perekonomian yang melaksanakan kegiatan jasa di sektor keuangan, serta menjalankan fungsi intermediasi atas dana yang diterima masyarakat, peran bank dinilai menjadi sangat penting bagi pemulihan ekonomi khususnya di masa pandemi COVID-19.

"Keberhasilan pengelolaan sesuatu bank dapat dilihat dari kinerja keuangan yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, yang tercermin dari perolehan laba serta rendahnya rasio kredit macet pada bank tersebut," lanjutnya.

Dijelaskannya, walaupun di tengah kondisi ekonomi yang masih terpengaruh perlambatan ekonomi global akibat pandemi COVID-19, perbankan memiliki peran penting dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19.

"Peranan ini terkait dengan penyaluran kredit bagi pelaku usaha di tanah air, disamping juga perbankan menjadi tulang punggung atau kunci dalam rangka pemulihan ekonomi nasional," tambahnya.



Simak Video "Luhut: Kalau Ada Pengamat Bilang Begini-Begitu Ketemu Saya!"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)