Viral Uang Rp 100 Bergambar Jokowi, Ini 4 Faktanya

Trio Hamdani - detikFinance
Senin, 08 Feb 2021 19:00 WIB
Viral Uang Redenominasi Rp 100 Bergambar Jokowi
Foto: Dok. Screenshot Instagram
Jakarta -

Beredar video yang memperlihatkan uang rupiah bergambar setengah badan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang viral di media sosial. Uang baru itu direkam dengan narasi redenominasi berupa pecahan uang kertas dengan nominal Rp 100. Itu dipastikan hoax.

Berdasarkan temuan detikcom, Senin (8/2/2021), pengunggah video tersebut adalah akun Instagram @jakarta.keras. Akun itu menyertakan sumber video yang berasal dari tiktok/aku.ijot.

Berikut fakta-faktanya:

1. BI Pastikan Hoax

Bank Indonesia (BI) menegaskan hingga saat ini belum diluncurkan rupiah baru yang sudah diredenominasi. Pernyataan itu menanggapi viralnya video redenominasi di media sosial.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono memastikan bahwa uang kertas yang ada dalam video yang viral itu adalah hoax.

"Wah kacau, ngawur aja tuh orang-orang," ucapnya kepada detikcom, Senin (8/2/2021).

2. Ada Gambar Jokowi

Uang kertas itu berwarna merah dengan tulisan besar Bank Indonesia (BI) beserta dengan logonya, lengkap juga dengan nomor seri.

Di satu sisi uang itu terpampang foto setengah badang Jokowi. Sementara di sisi lainnya bergambar Istana Negara.

Pada video juga ada narasi 'Katanya Indonesia mau Redenominasi'. Dituliskan juga uang Rp 10.000 akan menjadi Rp 10, Rp 50.000 menjadi Rp 50 dan Rp 100.000 menjadi Rp 100.

Simak video 'Heboh Uang Rupiah Redenominasi Bergambar Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]