Fitur Paylater Bisa Bantu Kelola Keuangan dan Arus Kas

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 14:15 WIB
Paylater GoPay
Foto: dok. GoPay
Jakarta -

Fitur Paylater atau bayar nanti merupakan sebuah layanan yang kini menjadi salah satu alternatif solusi pengelolaan keuangan bagi masyarakat. Lembaga riset Research Institute of Socio-Economic Development (RISED) dalam survei terbaru berjudul "Persepsi Pasar Indonesia Terhadap Pemanfaatan Fitur Pembayaran PayLater" mengungkapkan masyarakat memandang paylater sebagai solusi alternatif pengelolaan keuangan dan bukan sekedar instrumen pembayaran. Lebih lanjut, hasil riset tersebut juga mengungkap bahwa layanan Paylater mampu bantu konsumen mengatur arus kas (92%) dan merencanakan keuangan jangka panjang, termasuk menabung.

Salah satu layanan yang menawarkan fitur Paylater di Indonesia adalah Gojek, dengan fitur GoPay Paylater. Paylater dari GoPay menawarkan kepraktisan dalam mengelola keuangan. Seluruh tagihan dapat dibayarkan sekali saja sekaligus di akhir bulan dan pengguna tak perlu repot membawa uang tunai ke mana-mana, serta tak perlu melakukan top-up saldo berkali-kali.

Selain itu sekarang pengguna juga memiliki kendali penuh dalam mengatur limit GoPay Paylater mereka setiap bulannya berkat inovasi fitur Pick Your Limit.Head of Growth GoPay Paylater Neni Veronica mengungkap fitur ini merupakan pionir di kalangan layanan fintech Indonesia.

"GoPay Paylater, layanan keuangan andalan masyarakat terus memberikan solusi pengaturan keuangan yang efektif. Kami ingin memenuhi kebutuhan pengguna GoPay Paylater yang berbeda-beda dan ingin memiliki kendali sepenuhnya atas keuangan mereka dengan inovasi Pick Your Limit. Hal ini sesuai dengan komitmen kami untuk menjadikan Paylater sebagai teman terpercaya masyarakat Indonesia dalam mengatur keuangan," ujar Neni dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2/2021).

Tak hanya itu, Neni pun menyebutkan kelebihan GoPay Paylater, yaitu pengguna tidak perlu mendaftar untuk mendapatkan layanan ini. Selain itu GoPay Paylater tidak menggunakan sistem bunga melainkan satu biaya langganan yang tetap setiap bulannya.

"Kami juga mengirimkan notifikasi pengingat di aplikasi sebelum tanggal pembayaran untuk menghindari keterlambatan. Karena berbagai manfaat dan kemudahan yang ditawarkan, GoPay Paylater menjadi layanan yang paling digemari, terbukti dengan nilai transaksi GoPay Paylater yang meningkat sampai dengan 3,3 kali lipat sepanjang 2020 ," terangnya.

Paylater GoPayPaylater GoPay Foto: dok. GoPay

Adapun berbagai kemudahan dan kelebihan fitur Paylater dari GoPay ini juga dirasakan manfaatnya dalam mengelola keuangan, terutama untuk meningkatkan produktifitas usaha. Hal ini dipraktikkan langsung oleh Wido Kusumalati, Mitra Usaha Mapan (MUM) yang memanfaatkan fitur Paylater sebagai modal usaha.

"Sejak GoPay pertama kali punya Paylater, saya jadi pakai terus Paylater untuk jualan layanan Mapan ke anggota. Apalagi karena praktis bisa transaksi berkali-kali, bayarnya cukup 1x. Nah keuntungan Paylater memang sangat terasa ketika modal belum kembali, dan saya perlu tambahan modal agar jualan saya tetap bisa berjalan, saya pakai Paylater untuk modalnya, jadi jualan lancar, usaha juga makin berkembang," jelas Wido.

Wido menjelaskan Mitra Usaha Mapan menggunakan Paylater untuk kepentingan usaha dan memutar modal usaha. Mapan merupakan sebuah perusahaan teknologi berbasis komunitas. Perusahaan ini, lanjutnya, kerap membantu mitranya mendapatkan penghasilan dengan berbagai layanan pemenuhan kebutuhan mulai dari arisan barang, jual pulsa, sayuran, hingga kebutuhan sehari-hari.

Ia cukup aktif dalam komunitas Mapan dan kini memiliki puluhan anggota binaan aktif. Wido menyampaikan, bergabung dengan Mapan membuatnya bisa mendapatkan penghasilan hingga Rp 1,5 juta per bulan.

Paylater GoPayPaylater GoPay Foto: dok. GoPay

Sebagai Mitra Usaha Mapan, Wido yang aktif berjualan layanan Mapan Mart ini mengaku memanfaatkan fitur GoPay Paylater untuk mendukung kelancaran usahanya. Khususnya untuk menambah modal bagi usaha yang digelutinya.

Wido pun menekankan fitur Paylater akan terasa manfaatnya ketika digunakan dengan bijak. Sebab kontrol penuh ada di tangan pengguna. Ia pun mengingatkan untuk para pengguna fitur ini agar tetap membayar tagihan tepat waktu, guna menghindari biaya keterlambatan.

(prf/hns)