Brmm...Ini Uniknya BRILink Car, Bank Keliling Pakai Mobil

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 09 Mar 2021 20:43 WIB
BRILink Car
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bank BRI mempunyai inovasi layanan perbankan yang dapat bantu memudahkan kebutuhan transaksi nasabah, salah satunya melalui BRILink Car. BRILink Car merupakan mobil modifikasi yang digunakan untuk memberi layanan perbankan secara mobile. Layanan ini dijalankan oleh agen BRILink dengan konsep bank keliling yang dapat bergerak dan menjangkau nasabah di berbagai wilayah yang lebih luas.

Pasangan suami-istri di Malang, Rizal Abdul Hamid (32) dan Mega Puspita (31) menjalankan inovasi BRILink Car sejak awal 2021 guna mempermudah masyarakat dalam kegiatan transaksi perbankan mereka. Keduanya mengaku, BRILink Car miliknya merupakan yang pertama di wilayah Malang.

Diketahui, sebelumnya pasangan ini telah memiliki satu kantor Agen BRILink di Desa Donowarih, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Tingginya permintaan masyarakat untuk membuka agen sejenis di luar desa membuat pasangan ini berinisiatif untuk menjalankan bank keliling dan memberi kendali operasional di kantor kepada karyawannya.

Adapun ide unik layanan transaksi perbankan pakai mobil ini muncul dari pengalaman pribadi Rizal dan Mega. Keduanya mengaku kerap dihadapi kebutuhan layanan setor atau tarik tunai tapi terkendala antre di kantor cabang/unit bank. Kasus serupa juga sering mereka dengar dari para nasabah yang terkendala akses untuk melakukan transaksi di bank akibat jarak tempat tinggal yang jauh serta memakan waktu dan tenaga.

"Masyarakat ini minta ke kita, tolong BRILink buka di Batu, atau daerah lain. Mungkin merasa ada kedekatan," jelas Mega kepada detikcom beberapa waktu lalu.

"Kita sih pengennya menyamaratakan layanan semua, kalau kantor saja kan nggak mungkin bisa sampai (menjangkau) ke sana. Jadi yaudah, dari pada mobil ini juga nggak kepake kita BRILink pakai mobil saja," lanjutnya.

Berbekal mesin EDC, layanan bank keliling yang dijalankan Mega dan Rizal melalui BRILink Car resmi beredar sejak awal 2021. Ia bersama suami menjalankan sendiri mobil ini tanpa sebagai bagian dari perkenalan awal. Untuk operasionalnya, lanjut Mega, layanan bank pakai mobil ini beroperasi mulai Senin hingga Sabtu dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Mega menekankan adanya BRILink Car ditujukan untuk dapat melayani kebutuhan transaksi masyarakat hingga ke pelosok daerah. Ia pun mengungkap, sejauh ini transaksi yang paling banyak ditemui berkisar pada setor dan transfer. Tak hanya itu, Ia pun melayani transaksi pembukaan tabungan juga asuransi bagi para nasabah.

Meski demikian, Mega mengaku inisiatif yang dijalankannya ini bukan berarti tanpa tantangan. Sebab, perjalanan usahanya tak lantas mulus begitu saja. Berbagai kendala harus ia hadapi baik itu pengaruh cuaca (hujan), juga adanya kekhawatiran para nasabah untuk melakukan transaksi di jalan.

"Kadang juga ada yang takut kalau transaksi duit di jalan, kadang saya juga jelasin. Awalnya sempat banyak yang ragu tapi ya dijelasin saja. BRILink Car ini kan memang baru," tutur Mega.

BRILink CarBRILink Car Foto: Istimewa

Tantangan ini juga diakui Mega membuat transaksi yang ada di BRILink Car masih minim jumlahnya.

"Namanya masih pengenalan, sekali jalan yang masuk paling 15 transaksi selama satu hari. Kalau dibandingkan dengan kantor jauh, bisa ada 150 transaksi. Tapi ya namanya perjuangan, namanya membantu yang penting yakin pasti nanti jalan," imbuhnya.

Meski lambat, Mega melihat tampak adanya peningkatan jumlah transaksi harian dari BRILink Car yang dijalankannya. Ia pun optimis jika suatu saat angka ini akan menunjukkan peningkatan yang signifikan seiring dengan berjalannya waktu yang dapat membuat BRILink Car lebih dikenal dan dipercaya oleh nasabah.

Adapun BRILink Car milik Rizal dan Mega ini merupakan modifikasi dari bagasi belakang mobil yang disulap menjadi meja layanan transaksi. Pasangan ini pun membekali kursi plastik yang dapat digunakan para nasabah jika terdapat antrean dalam pelayanan mereka.

Tak perlu khawatir tertukar atau kebingungan mencari bank keliling ini, sebab BRILink Car telah dimodifikasi sedemikian rupa tampilan fisiknya berkat branding kerja sama yang diberikan BRI kepada Rizal dan Mega selaku agen BRILink.

"Kita juga sering didatangi pihak BRI yang membantu dan mengontrol ada kendala apa setiap bulannya, responsnya juga cepat. Langsung kalau ada keluhan pasti dibantu," pungkas Mega.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Malang Soekarno Hatta, Hendra Winata menyampaikan pihaknya menjadikan UMKM atau wirausaha sebagai mitra kerja. Ia mengungkap, berbagai ide unik sering kali muncul dari teman-teman mitra sendiri. Salah satunya inovasi dari agen yang menjalankan BRILink Car ini.

"Biasanya (Agen BRILink) stasioner, tapi kemarin kita diskusi dan akhirnya muncul ada agen BRILink pakai mobil. Akhirnya kita bantu branding di mobil itu. Agen BRILink ini bisa mobile. Dia bisa bergerak dengan menggunakan mobilnya itu, jadi bisa mendekati titik-titik ekonomi yang biasanya terpisah," kata Hendra.

detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia yang mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "Bunga Krisan Sidomulyo Yang Tetap Mekar di Era Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)