100 Situs Investasi Bodong Diblokir, Lagi-lagi Ada Binomo!

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 06:00 WIB
binomo
Foto: Angga Aliya ZRF/detikcom
Jakarta -

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kembali mengeluarkan daftar situs entitas Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang tidak berizin atau ilegal. Tercatat total ada 100 situs yang diblokir pada Februari 2021 dan untuk kesekian kalinya ada Binomo di dalamnya.

Dengan demikian, Sejak Januari 2021 sampai dengan Februari 2021 Bappebti telah memblokir 168 domain situs berdasarkan hasil pengawasan dan pengamatan, serta pengaduan masyarakat. Pemblokiran ini dikoordinasikan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Sejauh ini sudah ada 168 domain situs entitas yang telah diblokir Bappebti. Domain situs entitas ini mayoritasnya merupakan pialang berjangka dari luar negeri yang mengaku telah mendapat legalitas dari negara asalnya. Bappebti membatasi domain situs tersebut agar tidak dapat diakses di Indonesia untuk mencegah kerugian masyarakat," ujar Kepala Bappebti Sidharta Utama dalam keterangan tertulis, Selasa (9/3/2021).

Menurut catatan detikcom, pada Januari 2020, Bappebti sudah mengumumkan bahwa Binomo adalah situs perdagangan ilegal dan telah diblokir.

Kemudian pada Februari 2020 Bappebti kenbali mengeluarkan daftar situs perdagangan yang diblokir. Jumlahnya 68 dan 2 di antaranya adalah Binomo. Lalu pada Agustus 2020 Bappebti mengumumkan 107 domain perdagangan yang diblokir, ada 5 domain Binomo di antara daftar tersebut.

Pada Januari 2020 nama Binomo kembali muncul dalam daftar situs perdagangan yang diblokir Bappebti.

Hari ini Bappebti kembali mengumumkan daftar situs entitas Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) yang tidak berizin atau ilegal. Ada sebanyak 100 situs yang diblokir pada Februari 2021, 6 diantaranya merupakan domain Binomo.

Simak juga video 'Bareskrim Bongkar Penipuan Modus E-mail Bisnis, Kerugian Rp 276 M':

[Gambas:Video 20detik]



Daftar situs kawanan Binomo yang diblokir di halaman berikutnya.